PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1239Abstract
Hasil belajar merupakan hal pokok dalam dunia pendidikan namun dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Praya Timur hasil belajar siswa berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional dan monoton sehingga siswa kurang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Atas dasar itu, peneliti mengambil alternatif lain dengan menerapkan Model Pembelajaran Question Students Have. Untuk itu tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di SMPN 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam menentukan populasi dan sampel adalah teknik Random Sampling karena jumlah populasi yang lebih dari 100. Sampel yang digunakan berjumlah 48 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunaka metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan kedalam tabel kerja, kemudian dimasukkan kedalam rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db=48-2=46 (2,065>2.013). Sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan berdasarkan penemuan penelitian, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMPN 1 Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikanâ€.
Â
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Question Students Have, Hasil Belajar
References
Ali, M. 2013. “Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategiâ€. Bandung :
CV Angkasa.
Hamalik, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, 2012. Factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Rusmono, 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia
Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
_________, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono,2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Silberman, M. 2005.Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta
Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Surabaya Pustaka Pelajar offset
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2013.Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)