PENGARUH MEDIA REALISME DALAM PESAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Samsul Hadi IKIP Mataram, Indonesia
  • Mujiburrahman Mujiburrahman IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1241

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa pembelajaran sejarah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas pada siswa. Sehingga menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif atau kurang termotivasi dalam belajar sejarah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan media pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, yaitu penerapan media realisme dalam pesan visual. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, peneliti mengajukan rumusan masalah dalam penelitian, yaitu Apakah ada pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penentuan subyek  dalam penelitian menggunakan metode Study Populasi dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan pola one group design. Metode pengumpulan  data menggunakan  metode  Angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi-Square. Hasil penelitian yaitu ( 10.397> -tabel 9,488) dengan  taraf signifikansi  5% dan df=(b-1)(k-1)=(2-1)(5-1)= 4diperoleh  Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: terdapat Pengaruh Media Realisme Dalam Pesan Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, artinya hasil penelitian ini adalah “Signifikanâ€.

 

Kata Kunci: Media Realisme Dalam Pesan Visual, Motivasi Belajar Siswa

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik, (Edisi- Revisi). Jkarta : Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fardi, Adnan. 2007. Pengembangan Instrumen Motivasi Atlet. Malang: Wineka Media.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Algensindo.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Kontruksional Edukatif. Jakarta: Ribeka Cipta.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Salma, Dewi. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sukimi A.W & Edy Sutandur. 2015. Global Seni Rupa SMP kelas 3. Solo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitaatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Hadi, S., & Mujiburrahman, M. (2019). PENGARUH MEDIA REALISME DALAM PESAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, (2), 71–81. https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1241

Issue

Section

Articles

Citation Check