PENGARUH MEDIA REALISME DALAM PESAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1241Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa pembelajaran sejarah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas pada siswa. Sehingga menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif atau kurang termotivasi dalam belajar sejarah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan media pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, yaitu penerapan media realisme dalam pesan visual. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, peneliti mengajukan rumusan masalah dalam penelitian, yaitu Apakah ada pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media realisme dalam pesan visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penentuan subyek dalam penelitian menggunakan metode Study Populasi dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan pola one group design. Metode pengumpulan  data menggunakan  metode Angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi-Square. Hasil penelitian yaitu ( 10.397> -tabel 9,488) dengan  taraf signifikansi 5% dan df=(b-1)(k-1)=(2-1)(5-1)= 4diperoleh  Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: terdapat Pengaruh Media Realisme Dalam Pesan Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMP Negeri 10 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, artinya hasil penelitian ini adalah “Signifikanâ€.
Â
Kata Kunci: Media Realisme Dalam Pesan Visual, Motivasi Belajar Siswa
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik, (Edisi- Revisi). Jkarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fardi, Adnan. 2007. Pengembangan Instrumen Motivasi Atlet. Malang: Wineka Media.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Algensindo.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamzah. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Kontruksional Edukatif. Jakarta: Ribeka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salma, Dewi. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sukimi A.W & Edy Sutandur. 2015. Global Seni Rupa SMP kelas 3. Solo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitaatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)