PENGARUH MEDIA PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Authors

  • Sukril Hadi IKIP Mataram, Indonesia
  • Ary Purmadi IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1242

Abstract

Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu media pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi, yaitu hanya menggunakan media seperti LCD,media gambar, dan media berupa video yang monoton dan kurang mendukung dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran khususnya TIK guru juga kebanyakan hanya menjelaskan teori di dalam kelas dan kurang melakukan praktik sehingga menyebabkan siswa kurang mampu mengeksplorasikan kreativitasnya sehingga kreativitas belajar siswa kurang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis diperoleh nilai t-hitungsebesar 15,768 dan nilai t-tabel pada taraf Signifikansi5% dengan db(N-1) = 23-1=22 lebih besar daripada nilai t-tabel (15,768 > 1,717), berarti bahwa H_0ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: AdaPengaruh Media Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX di SMPN 2 Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.

Kata Kunci: Media Packet Tracer, Kreativitas Belajar

References

Ariawal, D., dan Purbo, O,W. 2016. Simulasi Jaringan Komputer Dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Elisa, R. 2016. Pengaruh Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Menggunakan Macro Media Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Hulfian, L. 2014. Penelitian Dikjas. Lombok Timur: Garuda Ilmu.

.2015. Statistik Penelitian untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Lombok Timur: Garuda Ilmu.

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maya, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Simulasi Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas Vlll di SMP Negeri 2 Batukliang Utara. Skripsi. IKIP Mataram.

Mufadhol. 2012. Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer. Jurnal Transformatika, 9 (2): 64-67.

Mulyadi. 2013. Merancang Bangun dan Menkonfigurasi Jaringan WAN Dengan Packet Tracer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Musfiqon. 2012. Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ninik, W. 2011. Pengaruh Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2011.Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

..2013.Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2015. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.2016. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Hadi, S., & Purmadi, A. (2019). PENGARUH MEDIA PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, (2), 83–93. https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1242

Issue

Section

Articles

Citation Check