PENGARUH MEDIA PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1242Abstract
Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu media pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi, yaitu hanya menggunakan media seperti LCD,media gambar, dan media berupa video yang monoton dan kurang mendukung dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran khususnya TIK guru juga kebanyakan hanya menjelaskan teori di dalam kelas dan kurang melakukan praktik sehingga menyebabkan siswa kurang mampu mengeksplorasikan kreativitasnya sehingga kreativitas belajar siswa kurang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis diperoleh nilai t-hitungsebesar 15,768 dan nilai t-tabel pada taraf Signifikansi5% dengan db(N-1) = 23-1=22 lebih besar daripada nilai t-tabel (15,768 > 1,717), berarti bahwa H_0ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: AdaPengaruh Media Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX di SMPN 2 Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.
Kata Kunci: Media Packet Tracer, Kreativitas Belajar
References
Ariawal, D., dan Purbo, O,W. 2016. Simulasi Jaringan Komputer Dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Elisa, R. 2016. Pengaruh Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Menggunakan Macro Media Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.
Hulfian, L. 2014. Penelitian Dikjas. Lombok Timur: Garuda Ilmu.
.2015. Statistik Penelitian untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Lombok Timur: Garuda Ilmu.
IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maya, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Simulasi Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas Vlll di SMP Negeri 2 Batukliang Utara. Skripsi. IKIP Mataram.
Mufadhol. 2012. Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer. Jurnal Transformatika, 9 (2): 64-67.
Mulyadi. 2013. Merancang Bangun dan Menkonfigurasi Jaringan WAN Dengan Packet Tracer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Musfiqon. 2012. Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ninik, W. 2011. Pengaruh Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2011.Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
..2013.Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2015. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2016. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)