PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2243Keywords:
Bahan Ajar, Video Tutorial, Mata Pelajaran KewirausahaanAbstract
yakni mengedukasi masyarakat untuk berwirausaha sejak dini. Dampak yang ditimbulkan pastinya
sangat baik karena dapat mengantisipasi merebaknya pengangguran selepas menempuh pendidikan di
setiap jenjang. Pemberian softskill yang tepat sejak dini akan meningkatkan keterampilan dan inovasi
peserta didik dalam berwirausaha. Menjadi wirausahawan sejak dini secara tidak langsung
mengedukasi peserta didik untuk mandiri dan menghargai proses yang dilakukan selama usaha
tersebut dijalankan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis video
tutorial yang layak (uji ahli) untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran
Prakarya dan kewirausahaan. Metode penelitian ini termasuk kedalam metode Research And
Development (R & D). Hasil penelitian uji kelayakan pada ahli materi yang terdapat pada tabel 1.,
dapat dijelaskan perolehan rerata 3,93 dari ahli materi tegolong “baik. Sementara hasil uji kelayakan
pada ahli media yang terdapat pada tabel 2., dapat dijelaskan perolehan rerata 3,67 dari ahli materi
tegolong “baikâ€. Sedangkan data angket yang disebarkan kepada 3 orang peserta didik terhadap
beberapa aspek yang terdapat pada angket, dapat jelaskan bahwa bahwa penilaian peserta didik
diperoleh rerata 4,3 (kategori “ sangat baikâ€). Berdasarkan hasil penelitian tentang uji kelayakan pada
bahan ajar berbasis video tutorial ini maka dapat disimpulkan bahwa media ini telah layak digunakan
untuk pembelajaran di kelas.
References
Depdiknas. (2008). Panduan
Pengembangan Bahan Ajar dan
Media. Jakarta. Dirjen
Manajemen Pendidikan dasar
dan Menengah.
Krismanto, D.A (2014).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Video
Tutorial Gerak Dasar Tenis
Lapangan Untuk Anak Tingkat
Sekolah Dasar Di Sekolah
Tenis Kabupaten
Temanggung..Skripsi.
Universitas Negeri Yogyakarta
Mehisto, Peteer (2012). Criteria for
Producing clil learning
material. Journal of Encuentro.
15-33
Prastowo, Andi (2011). Panduan
Kreatif membuat bahan Ajar
Inovatif. Yogyakarta: DIVA
Press
Purmadi, Ary. Surjono, H., D. 2016.
Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Web Berdasarkan
Gaya Belajar Siswa Untuk
Mata Pelajaran Fisika. Jurnal
Inovasi Teknologi Pendidikan
Volume 3 (2) hal 151-165.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Sukmadinata, Nana Syaodih, (2006).
Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya,cet kedua.
Werdhaningsih, H.dkk (2014). Buku
Guru: Prakarya dan
Kewirausahaan.
Jakarta:Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)