IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PRAKTIKUM OLAHAN TAPE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOTEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2247Keywords:
Model Pembelajaran Langsung, Olahan Tape, BioteknologiAbstract
Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi
Belajar di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena
penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk
penelitian deskriptif, sebab menggambarkan suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil
yang diinginkan dapat dicapai. Dari data Observasi didapatkan hasil siklus I dengan rata-rata 48,6 %
dan pada siklus ke II didapatkan dengan nilai rata – rata 82,5 %. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus
ke I didapatkan hasil evaluasi dengan nilai rata – rata 65.5 sedangkan hasil evaluasi pada siklus ke II
didapatkan nilai rata-rata 87,45 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke I peserta didik
masih dinyatakan tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran, yang ditunjukkan juga dengan
hasil evaluasi yang masih jauh dari katagori Baik. Sedangkan pada siklus ke II peserta didik
dinyatakan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ditunjukkan juga pada hasil
pembelajaran yang meningkat . dan dinyatakan dengan kreteria dengan kategori Baik. Sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
References
A.M, Sardiman. 2003. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
PTRaja Grafindo Persada.
Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan
Zain. 2006. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengajaran
Langsung. Dalam Trianto,.
Mendesain Model
Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta : Kencana.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988.
The Action Research Planner.
Victoria Dearcin University
Press.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : Bumi
Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta:
PT.Rineka Cipta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi
Pendidikan dan Evaluasi
Belajar. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)