PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2249Keywords:
Media Pembelajaran Storyboard, Kreativitas BelajarAbstract
Hasil Belajar di SMPN 1 Janapria masih dikatakan sangat rendah di sebabkan oleh proses
pembelajaran yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah masih konversional seperti dalam
pelaksanaan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menerangkan
dan menulis di papan, guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar
yang rendah terutama di mata pelajaran Seni budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran storyboard terhadap kreativitas belajar siswa
pada mata pelajaran seni budaya kelas VII SMPN 1 Janapria kabupaten Lombok tengah tahun
pelajaran 2019/2020. Metodde penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMPN 1 Janapria dan sampelnya adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
Angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap.
Selanjujtnya metode analisis data menggunakan rumus Chi-squere hasil menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada t-tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi
square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (11,762>9,488).ArtinyaHipotesis (Ha)
diterimadanhipotesis (Ho) di tolak.Jadi kesimpulannya yaitu Ada Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Media Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Kelas VII SMPN 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, jadi hasil
penelitian ini dinyatakan Signifikan.
References
Budiarti. 2015. Hubungan Tingkat
Pengetahuan Ibu Tentang
Kesehatan Reproduksi
Remaja Dengan Kesiapan
Anak Menghadapi Masa
Pubertas. Vol. IV. No. 01
April 2015.
Dhimas.2013. Teknologi Microsoft
Kinect. 23 September
Diartono,D. A. 2013. Media
Pembelajaran Desain
Grafis Menggunakan
Photoshop Berbasis
Multimedia. Vol.8, NO 2.
Semarang.
Fadilah, Nur. 2017. Aktivitas Produksi
Kapitalis Dalam Perspektif
Ekonomi Islam,JurnalAnnisbah, Vol. 04, No.01
Juni 2017.
Jawwad, A. A. 2010. Mengembangkan
Inofasi Dan Kreatifitas
Berfikir. Bandung:
SyamilCipta Media
Munandar, Utami. 2015. Kreatifitas
Dan Keberbakatan
Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatifitas.
Jakarta: Grafindo Pustaka
Utara
Munandar, Rogers. 2009.
Pengembangan Kreativitas
Anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta.
Prawiradilaga, Dewi. 2012. Wawasan
Teknologi Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Rahardja, Untung. 2010. E-Learning
EffektivinesIn A
Develoving Country. 2010
Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu
Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mix Methods). Bandung:
Alfabeta.
Susanto. 2016. Teori Belajar Dan
Pembelajaran. Jakarta:
Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)