PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2252Keywords:
Strategi The Power Of Two, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifat
monoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaat
proses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalah
belajar dengan menggunakan strategi the power of two , Strategi ini memungkinkan siswa untuk
belajar berkelompok dengan memanfaatkan potensi interaksi dan kerja sama antar siswa. Ketika
proses belajar berlangsung, siswa dapat berdiskusi dan saling membantu memahami materi. Dari
sini diharapkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Rumusan masalahnya yaitu Apakah
Ada Pengaruh Strategi The Power Of Two Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata
Pelajaran Aqidah Dan Akhlak di MTs Darudda’wah Kelep Kecamatan Sekotong Tahun Pelajaran
2019/2020? Tujuan penelitiannya untuk mengetahui Strategi the power of two terhadap motivasi
belajar pada mata pelajaran aqidah dan akhlak Kelas VIII di MTs Daruddah’wah Kelep Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi
sebagai metode pelengkap. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi
square. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ð‘¥2 hitung lebih kecil dari
pada ð‘¥2tabel (7,384 < 9,488), dengan taraf signifikan 5%. Demikian penelitian ini tidak signifikan.
Ini berarti hipotesis alternatif (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kesimpulan yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah: Tidak ada pengaruh Strategi The Power Of Two terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah dan akhlak di MTs Darudda’wah Kelep
Kecamatan Sekotong Tahun Pelajaran 2019 / 2020.
References
Arifin, Z. dan Setiyawan, A.
(2012). Pengembangan
Pembelajaran Aktif
dengan ICT,Yogyakarta:
Skripta Media Creative.
Januszewski, A & Molenda, M.
(2008). Educational
Technology.Taylor &
Prancis Group. New York.
Masnur, (2010 ) Dasar – dasar
Interaksi Belajar
Mengajar, Jakarta:Jemmars.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah
Penelitian untuk Guru-Karyawan
dan Peneliti Pemula.
Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, (2007) Strategi Pembelajaran
Aktif yogyakarta: Pustaka insan
madani.
____________(2008). Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
Pustaka insan madani.
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. Alfabeta.
_________. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. Alfabeta.
________. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)