PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850Keywords:
Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Augment Reality (AR), Pengalaman BelajarAbstract
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.
References
Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini.
AJAR, B., & PPG, P. P. G. (2010). Media pembelajaran anak usia dini.
Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1–11.
Andriyadi, A. (2011). Augmented reality with ARToolkit. Bandar Lampung: Augmented Reality Team.
Apriyani, M. E., & Gustianto, R. (2015). Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. Jurnal Infotel, 7(1), 47–52.
AZIZAH, I. N. U. R. (2018). PENGARUH PERMAINAN LEMPAR BOLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK MARDISIWI KEPUHREJO.
Dale, E. (1997). Media Pembelajaran. Tersedia: http://bagawanabiyasa. wordpress. com/2013/05/26/media ….
Efendi, I. (2017). Pengertian Augmented Reality (AR). IT Jurnal, Https://Www. It-Jurnal. Com/Pengertian-Augmented-Realityar, 17.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 149–162.
EVIANI, D. (n.d.). laporan pengabdian: MENEMUKENALI ANAK DENGAN HAMBATAN PERILAKU PADA USIA DINI (PAUD ISLAM TERPADU BINTANG QUR’ANI BANJARMASIN).
Gunarti, W., & Muis, A. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD.
Habsari, D., & Syukri, M. (n.d.). Metode Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok Umur 4-5 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).
Indrawaty, Y., & Bakhtiar, M. Y. (2013). Implementasi Model Skenario Petri Net Pada Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia. Jurnal Informatika, 4(1), 48–56.
Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 4–7.
Lee, J., Lin, L., & Robertson, T. (2012). The impact of media multitasking on learning. Learning, Media and Technology, 37(1), 94–104.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–34.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.
Perdana, M. Y., Fitrisia, Y., & Putra, Y. E. (2012). Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(1).
Pitalokasari, I. (2013). Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. IAIN Walisongo.
Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108.
Senduk, E. P., & Karouw, S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Suartama, I. K. (2010). Pengembangan mutimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3).
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Trianto, I. B. A. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.
Umar, U. (2017). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.
Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P., & Hantono, B. S. (2013). Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengunjung Museum. Yogyakarta: Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (KNASTIK), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana.
Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)