PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851Keywords:
Mobile LearningAbstract
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan mobile learning dalam proses pembelajaran dalam upaya untuk membentuk pembelajaran yang semakin signifikan dan berkualitas. Penggunaan media dalam pembelajaran menambah poin untuk membuat pegangan pembelajaran berhasil dan efektif sehingga kualitas pengajaran dapat ditingkatkan. Kedekatan pembelajaran Mobile Learning adalah perencanaan sebagai pelengkap pembelajaran yang ada dan memberikan celah bagi siswa untuk mempelajari kembali bahan yang tidak cocok di mana pun dan kapan pun. Ini tentu saja dapat memberikan keterlibatan yang beragam dalam persiapan pembelajaran bagi siswa.
References
Arif Purnamayana, M. I. (2012). Rancangan dan pembuatan mobile learning berbasis android. Diakses Pada Http://Repository. Gunadarma. Ac. Id.
Baker, A., Krull, G., & Mallinson, B. (2005). A proposed theoretical model for m-learning adoption in developing countries. mLearn 2005. In 4th World conference on mLearning: http://www. mlearn. org. za/papers-full. html Fecha de consulta (Vol. 12).
C, L, G, C. (2013). Development of Mobile Learning Using Android Platform. International Journal of Information Technology & Computer Science ( IJITCS ), Volume 9 :
Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Inch, E. S. (1989). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason in Argument, 6/e. Pearson Education India.
Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.-J., & Seo, D. (2013). Students’ perceptions and experiences of mobile learning. Language Learning & Technology, 17(3), 52–73.
Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
Kusuma, D. (2016). Pengembangan Mobile Learning Matematika Sebagai Suplemen Pembelajaran Trigonometri Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.
MIFTAH RAHMAWATI, A. (2017). Analisis hasil pengembangan media kokami (kotak dan kartu misterius) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar dan ketuntasan belajar SMP-SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Nugroho, S. (2014). Pemanfaatan Mobile Learning Game Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika SMA Kesatrian 1 Semarang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1–7.
Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4), 1–10.
Purnama, R. B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi.
Setiawati, N., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan mobile learning (m-learning) berbasis Moodle sebagai daya dukung pembelajaran fisika di SMA. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 3).
Setyadi, D., & Qohar, A. B. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7.
Woodille, G. (2011). Mobile Learning. US: The Mc Graww-Hill Companies.
Ghozi, S. (2014). Pengembangan Materi Mobile Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara Berau. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1).
Lutfi Isni Badiah, S. Pd., M.Pd. Tanpa Tahun. Keefektifan Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Modul Audio Interaktif Mengenal Bagian Akar Dan Fungsinya Untuk Siswa Tunanetra Kelas IV Di SLB YPAB Surabaya. Bimbingan dan Konseling UNIPA Surabaya.
Listiaji, P. (2015). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Untuk Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Setiawati, N., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012, September). Pengembangan mobile learning (m-learning) berbasis Moodle sebagai daya dukung pembelajaran fisika di SMA. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 3, No. 3).
Ngurahrai, A. H., Farmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2019). Media pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 62-70.
Rusli, A. (2013). Aplikasi Mobile Learning Ilmu Biologi untuk siswa Kelas II Program IPA Tingkat Sekolah Menengah Atas Berbasis Android (Studi Kasus SMA Pasundan 2 Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 187-199.
Junaedi, E. (2013). Pengaruh Modul Elektronik Berbasis Mobile Learning terhadap Peingkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi: Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI, Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Aripin, I. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 3(1).
Triyanti, M., Harmoko, H., & Lestari, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi dan Motivasi Siswa Kelas X SMA NegeriJayaloka. BIOEDUKASI, 9(2), 99-108.
Pradana, D. A., & Mahfud, M. (2017). DESAIN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS SEJARAH LOKAL MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK KELAS X SMA NEGERI 1 GAMBIRAN. Progressif: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 14(3), 13-17.
Meilana, J. R. (2017). Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis.
Riyadi, A. (2017). Aplikasi Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis ndroid Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk siswa kelas XI SMA/MA. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 10(1).
Setyadi, D. (2017). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika. Satya Widya, 33(2), 87-92.
Musahrain, M., Suryani, N., & Suharno, S. (2017, March). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Kusuma, D. 2016. Pengembangan Mobile Learning Matematika Sebagai Suplemen Pembelajaran Trigonometri Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.
Maulana, L. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Platform Android Materi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Pada Program Studi Ketenagalistrikan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika 7(2): 188-207
Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh penggunaan whatsapp messenger sebagai mobile learning terintegrasi metode group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33–38.
Mardiana, N. (2017). Peningkatan physics hots melalui mobile learning (mobile learning to improve physics hots). PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2).
Ngurahrai, A. H., Fatmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2018). Studi pendahuluan pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. In Proceeding of The URECOL (pp. 219–222)
Setiawati, N., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan moble learning (m-learning) berbasis moodle sebagai daya dukung pembelajran fisika di SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika UNS, 3(3)
Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press
Sarrab, Mohamed, Laila Elgamel, & Hamza Aldabbas. (2012). Mobile Learning (M- Learning) and Educational Environments. International Journal of Distributed and Parallel System, 3(4): p. 35
Scepanovic, S. dkk. (2015). Game Based Mobile Learning–Application Development and Evaluation. The Sixth International Conference on e- Learning.
Rahayu, M.S.I. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Irawan, R., & Sukarna, I. M. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Sma/Ma Berbasisandroid Dengan Mobile Learning Pada Materi Konfigurasi Elektron Dan Tabel Periodik Unsur.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)