PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU FARA’ID

Authors

  • Naylur Rosyid STKIP Banten, Indonesia
  • Eha Suhayati STKIP Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856

Keywords:

Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Ilmu Fara'id

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar fara’id. Penelitian ini menemukan: (1)belajar dengan Slideshow Lebih baik dibandingkan belajar dengan Video; (2) latar belakang MTs lebih baik dibandingkan latar belakang SMP; (3)terdapat interaksi media pembelajaran dengan latar belakang pendidikan; (4)latar belakang MTs yang belajar dengan video lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan Slideshow; (5)latar belakang SMP yang belajar dengan video lebih rendah dibandingkan yang belajar dengan Slideshow; (6) penggunaan video pada siswa berlatar belakang MTs lebih tinggi dibandingkan berlatar belakang SMP; (7) penggunaan Slideshow pada siswa berlatar belakang MTs lebih rendah dibandingkan berlatar belakang SMP.

References

Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessin. New York: Addison Weslay Logman, Inc., 2001.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Ash Shiddiqy, Muhammad Habsi, Fiqih Mawaris, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2010.

Asnawir dan Basyiruddin Umar, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Daryanto, Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, 2010.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya , 2008.

Heinict, Robert, Michael Molenda dan James D. Russell, Interactional Media and Thecnologies for Learning, Seventh Edition. New York: Merrill Practice Hall, 2002.

Hergenhahn, B.R. and Matthew H. Olson, Theories of Learning Edisi ke lima Lomdon: Prentice Hall International1997.

Januszewski, Alan and Michael Molenda, Educational Technology; A Definition With Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates, 2008.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Tentang Standar Isi.

M, Sardiman A., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Rajawali, 1986.

O’neil, Wiliam F. Ideologi-Ideologi Pendidikan, Terjemahan: Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2002

Sadiman, Arif S. et.al., Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Siddiqui, Mujibul Hasan. encyclopedia of Educational Technology. vol. 1. New Delhi: APH Publishing Corporation.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia, 2010.

Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther, dan James D. Russel, Instructional Technology & Media For Learning - Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar terjemahan Arif Rahman. Jakarta : Kencana, 2011.

Sujana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1990.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers, 1991.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Edisi Terbaru 2012. Bandung; Fokusindo Mandiri, 2012.

Wardani, Dani, Bermain Sambil Belajar. Jakarta: Edukasia, 2009.

Wikipedia.org. http://en.wikipedia.org/wiki/Slide_show. diakses pada 24 Desember 2012

Published

2020-08-31

How to Cite

Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU FARA’ID. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 76–96. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856

Issue

Section

Articles

Citation Check