Pengembangan Desain Blended Learning Berbasis Google Classroom untuk Pendidikan Karakter

Authors

  • Chusnatin Ariyanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Atiqoh Atiqoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5398

Keywords:

Blended learning

Abstract

Pandemi Covid 19  yang melanda Bangsa Indonesia berdampak besar dalam dunia pendidikan terutama mulai menipisnya karakter peserta didik dalam melaksanakan tanggungjawabnya dalam keseharian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran Blended learning yang berbasis Google Classroom untuk pendidikan Karakter peserta didik  pada masa pandemic Covid 19 yang sebelumnya menggunakan  metode konvensional melalui tatap muka terbatas sehingga karakter siswa dapat terbentuk Kembali. Model pengembangan desain pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana model pengembangan ini dilakukan dengan uji coba validasi beberapa ahli media, materi maupun desain serta  uji coba kelompok kecil , uji coba kelompok sedang dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Desain pembelajaran Blended learning berbasis Google Classroom untuk pendidikan karakter pada peserta didik di peroleh hasil validasi dari uji kelompok kecil dengan prosentase 80% ,uji kelompok sedang prosentase 81,4%, dan uji kelompok besar prosentase 83,4%. Dari ketiga uji coba tersebut dinyatakan bahwa pentignya Desain pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom mampu meningkatkan motivasi serta mampu berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Pengembangan desain pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom terbukti layak  mampu digunakan dalam  pendidikan karakter peserta didik lebih mandiri , jujur serta bertanggungjawab terhadap setiap kewajiban mereka.

References

Adri, M., Ganefri, Sri Wahyuni, T., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using ADDIE Instructional Model to Design Blended Project-Based Learning based on Production Approach. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06)

Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag).

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52.

Boyle, T., Bradley, C., Chalk, P., Jones, R., & Pickard, P. (2003). Using blended learning to improve student success rates in learning to program. Journal of Educational Media, 28(2–3), 165–178.

Febrianti, I., Hariandi, A., & Alirmansyah, A. (2021). Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Hasan, B. (2020). Pemanfaatan google classroom dalam mata kuliah menggunakan media video screencast o-matic. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1).

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia …. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/699

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA ( The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in SeniorHigh School ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).

Pearson, Q. M., & Nicholson, . I. (2000). Comprehensive character education in the elementary school: Strategies for administrators, teachers, and counselors. The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development, 38(4), 243–251.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50.

Purmadi, Ary., Garnika, Eneng.(2019). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Dalam menggunakan E-Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1).

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter di kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581.

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamaludin, U. A. (2020). Penerapan model POE2WE berbasis blended learning google classroom pada pembelajaran masa WFH pandemic Covid-19.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sujana, I. M., Waluyo, U., Arifuddin, A., & Soepriyanti, H. (2019). Pengembangan “Content†Google Classroom untuk Guru dan Mahasiswa Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2).

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50–56.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–302.

Yunus, M. M., Nordin, N., Salehi, H., Embi, M. A., & Salehi, Z. (2013). The use of information and communication technology (ICT) in teaching ESL writing skills. English Language Teaching, 6(7), 1–8.

Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah taktis pemerintah daerah dalam pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 247–260.

Published

2022-10-01

How to Cite

Ariyanti, C., Fatirul, A. N., & Atiqoh, A. (2022). Pengembangan Desain Blended Learning Berbasis Google Classroom untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 269–282. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5398

Issue

Section

Articles

Citation Check