Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Teams Office 365 Kelas X Mata Pelajaran PPKN Di SMK YPM 8 Sidoarjo

Authors

  • Misbahul Ulum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Djoko Adi Walujo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5535

Keywords:

Media pembelajaran, Team Office 365, Keterlibatan Peserta didik

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain: kurang tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran. Selain itu bahan ajar yang tersedia masih belum sesuai dengan karakteristik peserta didik. Instrumen tes yang ada juga tidak sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan guru, hal ini kurang mampu mempresentasikan kemampuan peserta didik. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara optimal. Solusi atas permasalahan ini melalui pembelajaran berbasis aplikasi Teams Office 365. Pembelajaran ini diyakini dapat merangsang keterlibatan peserta didik secara keseluruhan.

 

References

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry , 13(2).

Khuzaini, N., & Nurjanah, M. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(1).

Komalasari, K., Rahmat, R., & Anggraini, D. N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.79

Maharani, L. A. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Webtoon Muatan Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Sayung 4. Skripsi.

Marlina, L., & Untari, A. D. (2020). Pengembangan bahan ajar teks PPKn berbasis discovery learning untuk meningkatkan pengetahuan warga negara siswa sekolah mengengah atas. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1). https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.28777

Nitami. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis E-Modul Pada Materi Makna Kedaulatan Dan Demokrasi Pancasila Di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi. Repository.Unja.Ac.Id.

Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA ( The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2). https://doi.org/10.22146/jkn.56926

Suarni, N. K. (2015). Implementasi Dynamic Intelectual Learning (DIL) sebagai Salah Satu Adaptive Learning Model. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 1(1). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v1i1.6020

Published

2022-10-20

How to Cite

Ulum, M., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Teams Office 365 Kelas X Mata Pelajaran PPKN Di SMK YPM 8 Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 183–192. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5535

Issue

Section

Articles

Citation Check