Pengembangan Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Pendudukan Jepang untuk Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 3 Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5547Abstract
Pandemi Covid-19 jugamenuntut sekolah dan guru untuk melaksanaan pembelajaran secara online karena terkait dengan kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Guru dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfatkan dan memaksimalkan  perkembangan Teknologi Informatika (TI). Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa dengan memberikan sumber belajar yang efisien, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan disekolah kurang menarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah karena kurang berkaitan dengan kemajuan IPTEK masa kini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul interaktif yang  sudah tervalidasi oleh ahli, yaitu ahli materi, media, dan desain. Produk ini diujicobakan pada kelompok kecil dengan responden 9 siswa dan kelompok besar dengan jumlah responden 35 siswa. Pengembangan modul interaktif ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdapat 10 tahapan. Modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker diharapkan dapat menciptakan pembelajaran mandiri dan  dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna.
References
Akhlaqul Karimah, S., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Android. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6). https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p538-545
Anggraini, R. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Listrik. https://repository.unja.ac.id/5687/
Arikunto, S. (2010). Produser penelitian suatu pendekatan praktek. In Rineka Cipta. Jakarta.
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., & ... (2019). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics …. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1188/1/012075/meta
Febrinawati, S. I., & Arief, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan E- Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker. Prosiding Seminar Nasional Kelompok Bidang Keahlian ADP 2021, April.
Gholy, M. S., Sumardi, S., & Hadi, S. R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Melalui Program SIBBER Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Berkarakter Sportivitas. JOSSAE Journal of Sport Science and Education. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p134-145
Mulyono, D., Friansah, D., & Yeni Asmara. (2021). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Pada MGMP Sejarah Kota Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Nitami. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis E-Modul Pada Materi Makna Kedaulatan Dan Demokrasi Pancasila Di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi. Repository.Unja.Ac.Id.
Nurtjahyani, S. D., & Tutut, T. (2021). … MODUL BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK SISWA …. Prosiding SNasPPM.
Oktaviana, N. V., Nayazik, A., & Rani, H. A. D. (2019). Efektifitas Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 32. https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas x otkp 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 7(3), 60–65. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29542
Putri, I. P., Yuniasih, N., Sakdiyah, S. H., & Malang, U. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 523–530. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/553
Rawung, R. K. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 67. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4200
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)