Modul Berbasis Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Materi Sistem Koloid: Kelayakan dan Kepraktisan

Authors

  • Nadia Hilyatin Universitas Mataram, Indonesia
  • Agus Edi Purwoko Universitas Mataram, Indonesia
  • Lalu Rudyat Telly Savalas Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5557

Keywords:

Modul Pembelajaran Berbasis PAIKEM, ADDIE, Sistem Koloid,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kepraktisan pengembangan modul berbasis PAIKEM(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 1 Praya Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Praya Barat yang terdiri dari  23 siswa XI IPA 1, 25 siswa XI IPA 2 dan 22 siswa kelas XI IPA 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) modul pembelajaran ini dinyatakan sangat valid berdasarkan perhitungan indeks Aiken rata-rata nilai validasi dari lima validator sebesar 0,88; 2) hasil perhitungan persentase rata-rata praktikalitas setelah penerapan modul pada kelas XI IPA 1 sebesar 88%, XI IPA 2 sebesar 81% dan XI IPA 3 sebesar 91% dengan katagori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajran berbasis PAIKEM pada materi sistem koloid layak digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan mendapatkan respon positif dengan katagori “sangat baik†dari siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Praya Barat.

References

Amalia, N. (2021). Penyuntingan Naskah. Sumtera Utara: UMSU Press.

Chang, Raymond. (2010). Chemistry. McGraw-Hill.

Hanifah, U. (2016). Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,†5(2), 301–330.

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardiana S & Sumiyatun. (2017). 732-1687-1-SM. Jurnal HISTORIA, 5(1), 45–54.

Maulida, T. R. (2018). Pengembangan Modul Berbasis PAIKEM pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: Banda Aceh.

Nafaida, R., Halim, A., & Rizal, D. S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis PHET Untuk Meningaktakn Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pembiasan Cahaya. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 03, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Nauli, P., & Sinambela, J. M. (2013). Mario Sinambela adalah Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. In Penulis Buku Ajar SMP & SMA Kemendikbud Kurikulum.

Noviyanti & Gading, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmu Menajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100–120.

Nurmala, S. (2019). Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(2), 34–40.

Rahmawati, R. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Koloid (Skripsi), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia.

Sonang Siregar, P., Wardani, L., Genesa Hatika, R., Rokania, S., & Pasir Pengaraian, U. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Cetakan 2. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, F. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Peningkakan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1): 62-68.

Published

2022-10-20

How to Cite

Hilyatin, N., Purwoko, A. E., & Telly Savalas, L. R. (2022). Modul Berbasis Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Materi Sistem Koloid: Kelayakan dan Kepraktisan. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 224–233. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5557

Issue

Section

Articles

Citation Check