Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Tanpa Koding di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.5601Keywords:
Aplikasi, Media Pembelajaran Interaktif, AndroidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkberupa aplikasi media pembelajaran interaktif tanpa koding berbasis android dengan kualitas baik dan sangat layak sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Banyuanyar ini dilakukan dengan menggunakan langkah pengembangan model ADDIE. Produk media pembelajaran ini telah melalui proses verifikasi dan revisi yang ketat, berdasarkan saran para ahli dan teman sejawat. Produk tersebut telah diujicobakan pada siswa dalam kelompok kecil, kelompok sedang, dan kelompok besar yang berjumlah 31 siswa, serta reaksi positif telah ditunjukkan oleh siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan berdasarkan respon angket dengan perolehan nilai dari ahli materi 4,75, ahli media 4,55 dan 4,73 dari ahli desain yang berarti produk media sangat layak untuk digunakan. Serta hasil respon dari pengguna terhadap penggunaan media pembelajaran sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sangat baik, yaitu rekan sejawat/ guru sebesar 4,63 dan 4,73 pada siswa kelompok besar. Sehingga produk ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengalaman baru yang lebih bermakna kepada siswa, selain itu produk media sebagai bahan ajar ini bisa dipelajari dimanapun dan kapanpun yang dapat menambah motivasi belajar bagi siswa.
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Aripriharta, Andajani, K., Aisyah, S., Riski, A. A., Andoko, Nandang Mufti, & Hor, G. J. (2020). Smartphone App for Heart Rate Monitoring and Its Impact on Education. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(2), 100–105.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Eliza, F., Myori, D. E., & Fadli, R. (2019). Validity of Android-Based Learning Media in Subject Measurement and Instrumentation. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012028
Fatirul, A. N., & Walujo, D. (2020). Model Disain Pembelajaran Autentik Berbasis Smartphone Dengan Memperhatikan Karakteristik Pebelajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Berkomunikasi, Dan Kreativitas Pebelajar. Wahana, 72(1), 19–28. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i1.2318
Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan Dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 275. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289
Iqbal, M., PJOK Dalam Pembentukan Karakter Watak Anak, P., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Peran PJOK Dalam Pembentukan Karakter Watak Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2).
Kemendikbud. (2013). Permendikbud 54-2013 SKL. 2011.
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran. Kwangsan - Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 31–51.
Lestari, N. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN Berbasis MULTIMEDIA Interaktif - Google Books. In Andriyanto (Ed.), Penerbit Lakeisha (Pertama). Penerbit Lakeisha (Anggota IKAPI No. 181/JTE/2019).
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.
Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). PERANCANGAN APLIKASI E-CANTEEN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS & DESIGN ( OOAD ). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 20(1), 83–91. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107
Purmadi, A., Muzakkir, M., & Astuti, E. (2022). Developing M-Learning Applications to Support Digital Literacy of Vocational High School Students. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(3), 291-301. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i32022p291
Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10.
Syafii, A., Mustaji, M., & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan Flipbook Sistem Komputer Menggunakan Virtual Library Multiplatform Bagi Siswa Smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 65–73. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (D. Febiharsa (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Zatulifa, M., Riswandi, Fitriawan, H., & Akla. (2018). Application Based Android As A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(4), 66–72. https://doi.org/10.9790/7388-0804036672
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)