Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5648Keywords:
Model ADDIE, E-Modul, Canva, semangat belajar, Sejarah IndonesiaAbstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada pelajaran sejarah Indonesia di kelas XI SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis evaluasi materi yang dikembangkan dievaluasi oleh dua orang dosen ahli dan satu orang rekan. Dengan kata lain, analisis penilaian ahli untuk konten materi menghasilkan rata-rata keseluruhan 4 dan persentase 81. Di sisi lain, analisis profesional media/desain memiliki rata-rata 4 dan persentase 86. Di sisi lain, analisis peer review memiliki rata-rata keseluruhan 5 dan persentase 92. Analisis individu siswa terhadap 3 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 45,7 dan persentase kelayakan 91%. Analisis siswa kelompok kecil sebanyak 10 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 47,1. Tingkat presisi 94%, analisis kelompok besar/lapangan sebanyak 60 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 44,6, tingkat presisi 89%. Implikasi praktis penelitian ini bahwa E-Modul berbasis saintifik dengan menggunakan aplikasi Canva dapat dijadikan alternatif atau inovasi untuk meningkatkan semangat belajar dalam pembelajaran sejarah Indonesia di sekolah.
References
Absor, N. F. 2020. Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.
Anam. 2013, Pengembangan Latihan Ketetpatan Tendangan dalam Sepakbola unttuk Anak Kelompok umur 13-14 Tahun. Jurnal Media Ilmu keolahragaan Indonesia, 3(2) 12-2.1
Asep Herry Hernawan. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd, 1–13.
Basuki. 2016. Pendekatan Saintifik Pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117-124
Elban, M. 2017. Investigation of the History Education Researches in Turkey in Terms of Some Variables (Master’s Theses and Dissertations Sample). Universal Journal of Educational Research, 5(9), 1529–1534.
Festiawan, R., N, P. J., & Pamungkas, H. J. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Kemampuan Long Pass pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1), 18-22.
Garris P, (2020) PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA, Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2
Hasan, S., H. 2019. Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.
Herawati, N., S. dan Muhtadi, A, “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA,†Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5, No. 2, (2018): 180-191.
Khubaib, A., Atmaja, H. T., & Sodiq, I. 2017. Kontribusi Materi Konflik dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 73–81.
Kurniawan, C. dan Kuswandi, D. 2021. Pengembangan E-Modul sebagai Media Lietarasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Akademia Publication.
M. Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Hlm.36
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 3(1), 44.
Mujyati, N., & Sumiyatun, S. 2016. Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui Problem Based Learning (Pbl). Historia, 4(2), 81.
Nasution, S. (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Bumi Aksara.
Ricu S, Najuah (2020), Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar, Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH 1 Vol. 9 No. 1, Hal : 3-5
Sardiman, S. 2017. Reformulasi Pembelajaran Sejarah: Sebuah Tantangan. Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol 13, No 1, hal.12-20. DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v13i1.17610
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, Vol. 7(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)