Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Metode Penelitian Pada Mahasiswa S1-PGSD Universitas Terbuka Pokjar Pekalongan Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5818Keywords:
Media pembelajaran, video animasi, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui potensi dan kondisi, Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran, Mengetahui efektivitas, kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran video animasi berbasis Microsoft Office Power Point. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 6 tahap dari 10 tahap Borg and Gall yang ( Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain dan Uji coba produk) penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Terbuka Pokjar Pekalongan Kabupaten Lampung Timur selama 6 bulan. Subjek penelitian ini adalah 50 mahasiswa Semester V dan BI 2 (Kelas konfersi), dua tutor mata kuliah Metode Penelitian serta dua validator ahli media dan materi. Instrumen penelitian menggunakan angket angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli media, ahli materi, kemenarikan, kemampuan berpikir kritis. pengembangan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran video animasi berbasis Microsoft office power point dengan hasil rekapitulasi posttest dan prettest dengan N-gain 0,6 semester V dan 0,7 semester BI (2) kriteria cukup efektif. Kemudian hasil validasi materi, media, desain memperoleh skor 3,27 kriteria sangat menarik. Sehingga berdasarkan hal tersebut media pembelajaran video animasi termasuk dalam kategori layak digunakan karena telah  memenuhi kebutuhan pembelajaran mata kuliah metode penelitian di UT Pokjar Pekalongan Lampung Timur.
References
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.
Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Anggoro Toha M, dkk. (2014). Metode Penelitian. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Darmayanti, T., & Sumantri, D. E. (2004). Pengembangan tutorial melalui media telepon pada pendidikan jarak jauh (studi kasus di FISIP Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 5(2), 108-127
Erman, S. (2013). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya Generated,12(9), hlm: 239
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding
Heong, Y.M., Yunos, J.M., Hassan, R.B., Othman, W.B., Kiong, T.T. (2011). The Perception of The Level Of Higher Order Thinking Skills among Technical Education Student. International Conference on Social Science and Humanity Journal. Faculty of Technical Education, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, 5 (2),hlm: 282
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.01 No.1, hlm: 6
Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101-106.
Mardalis. (2014). Metode Penelitian. Ed. 1, Cet. 13. Jakarta. Bumi Aksara. hlm: 30
Marjito, E. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia Di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 146-157.
Ma’rifah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Skripsi S1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Marzuki, Saleh, H.M, ( 2012 ), Pendidikan Non Formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rivai, A. (2013). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Jakarta. hlm: 200.
Sari, E. I. P. (2018). Penggunaan MultiMedia Interaktif MacroMedia Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk Dan Gerak Suatu Benda (Penelitian Pada Siswa Kelas V SDN Losari 153 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 2(2), hlm: 75-76
Sihotang, Kasdin; Febiana, Rima. K; Benyamin, Molan; dkk. (2012). Critikal Thinking. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. Hlm: 2
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)