Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5880Keywords:
Cooperative Learning type Jigsaw, keaktifan, Pendidikan IPSAbstract
Penelitian ini dilaksanakan atas temuan permasalahan yang dihadapi peneliti pada saat proses kegiatan belajar mengajar. Adanya permasalahan tersebut yaitu guru yang mengajar menggunakan metode yang kurang tepat dan monoton sehingga membuat peserta didik menjadi pasif. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning type Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 2 Tambirejo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Â Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya persentase yang meningkat. Pada pra siklus didapati persentase keaktifan peserta didik masih rendah dengan tingkat pencapaian rata-rata 38,54%. Pada siklus I persentase keaktifan peserta didik mulai meningkat dengan tingkat pencapaian rata-rata 51,04% dan siklus II yaitu 79,16%. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan model Cooperative Learning type Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 2 Tambirejo tahun pelajaran 2021/2021.
Â
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur-prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi.
Anggrayani, S. (2019). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 04 Kaur.
http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2612
Dianah, A. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 249–262.https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9619
Hamalik. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Hamalik.
Helmiati. (2016). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Jajang Ruspandi (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatifmodel Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifansiswadan Hasil Belajar Ips Materi Dampak Globalisasidalam Kehidupan Masyarakatsiswa Kelas Visekolah Dasar Negeri Wanareja 03. Insan Cendikia-Jurnal Pendidikan Vo. 2 No.2
Khasanah, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Division). LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(2), 48–57.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nur Ainun Lubis, H. H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 97. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/48/43
Oemar. (2018). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Grafinda Persada.
Retno Sulistyowati. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar. Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/57
Riandari, H. (2012). Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-B Semester 4 pada Mapel Biologi melalui Guided Inquiry di SMP Negeri 26 Surakarta. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi (pp. 269-274). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7464
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
S, D. S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN TEACHER CENTERED DAN LEARNER CENTERED. Journal of Pedagogy, 323-331.
Satori, D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Selasih, N. T. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Hindu, 13-22.
Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview . Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION, Vol 26 (6): 883-897.
Siti Sriyati, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Utika Widi Yunitasari, &. A. (2016). Peningktana Minat Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, ISSN : 2528-4630.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.
Wina, S. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)