PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN BIDARA KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5891Keywords:
Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis,Abstract
AbstrakÂ
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learningterhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Bidara Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah Deskriftif kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen. Desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Bidara kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang.siswa kelas IV SDN. Teknik pengumpulan data menggunakan perhitungan SPSS dan exel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pretest kelas eksperimen diperoleh mean 59,06, modus 56,30 dan median 59. Pada hasil pretest kelas kontrol diperoleh mean 55,64, modus 56,67 dan median 55,74. Kemudian dari hasil postes kelas eksperimen diperoleh nilai mean 79,54, modus 80,73 dan median 80,50. Pada kelas kontrol postest mean 62,60, modus 64,23 dan median 63,65. Berdasarkan uji hipotesis hasil dari postest kelas eksperimen adalah 5,91. Karena hasil hipotesis menunjukkan 5,91 > 2,011 maka Ho diterima. Artinya project based learning terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Bidara.
References
Dewi, P. A. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning.
Duhita Savira Wardani, J. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Dwi, D. S. (2019). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Semarang, Jawa Tengah: Alprin.
Ferry Perdiansyah, R. (2020). Pembelajaran Ipa Sd. Tangerang: Fkip Umt Press.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu.
Ika Lestari, L. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta: Erzatama Karya Abadi.
Kwardiya Andawaningtyas, A. (2017). Pengantar Statistika. Malang: Ub Press.
Lathifah, R. A. (2021). Bahan Ajar Ipa Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Versi Daring. Cv Dotplus Publisher.
Mawardi. (2018). Ilmu Pendidikan (Teori, Praktik, Dan Isu-Isu Kritis). Jakarta: Yayasan Mirqot Ilmiah Al-Itqon.
Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Samudra Biru.
Novia Ariyanti, B. (2020). Statistik Bisnis. Jawa Timur: Umsida Press.
Rizky Oktaviana, F. (2019). Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi Dan Soal Highter Order Thinking Skills (Hots) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis . Sleman, Yogyakarta: Grup Penerbitan Cv Budi Utama.
Rohman, S. (2021). Berpikir Kritis : Kaidah Penerang Untuk Hidup Benar Dan Selamat. Tangerang Selatan: Pt Pustaka Alvabet .
Rudinal, A. Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Llearning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 327-333.
Sentot Budi Rahardjo, M. S. (2020). Model Scientific Group Inquiry Learning (Sgil) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Energi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Supriano. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keteranpilan Tingkat Tinggi. Tim Desain Grafis.
Vina Melinda, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkankemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai.
Wajdi, F. (2019). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dalam Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 86.
Yari Dwikurnaningsih, E. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Informasi Pendidikan.
Yasinta Lisa, N. (2019). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbitan Cv Budi Utama.
Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zamroni, M. (2017). Modul Statistika Pendidikan Pgsd. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)