PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KAYANGAN

Authors

  • Hadi Gunawan Sakti IKIP Mataram, Indonesia
  • Budin Budin IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.591

Abstract

Minimnya model atau metode pembelajaran yang diterapkan didalam kelas sehingga proses pembelajaran monoton pada cara-cara lama, sehingga pengembangan kreativitas belajar siswa sangat minim. Rumusan masalah penelitian ini “apakah ada pengaruh penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utaraâ€.Tujuan Penelitian ini “ingin mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017â€.Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah Post Experimen-Control Design. JumlahPopulasi 48 orang.Dengan teknik pengambilan sampel random sampling.Adapun sampel yang digunakan adalah kelas IX.1 yakni kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas IX.2 merupakan kelas kontrol sebagai kelas pembanding.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode angket sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung.Teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui nilai “t†diperoleh sebesar6,596 Selanjutnya nilai tersebut yang dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% dengan N = 24 ternyata batas angka penerimaan atau penolakan hipotesis nol (H0) yang diajukan pada table distribusi t adalah sebesar 2,069. Kenyataan ini menunjukkan nilai thitunglebih besar dari angka penolakan hipotesis nol (H0) antara nilai thitung sebesar 6,596 lebih besar dari ttabelsebesar 2,069 (thitung 6,596 > ttabel 2,069). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 diterima.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Komputer, Kreativitas Belajar.

Author Biography

Hadi Gunawan Sakti, IKIP Mataram

Dosen IKIP Mataram

References

Munandar, U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta

Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta

Rachmawati. 2010. Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta

Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta

Rusman, 2013.Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

,2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, A. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2013.Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: : Alfabeta

Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sandjaja. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Olahraga.Jakata:

Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru, Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.

Wirawan. N. 2002. Cara Mudah Memahami Statistic 2. Denpasar: Keraras Emas

Pandu, S. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Computer Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Materi Dinamika Atmosfer Kelas X IPS SMA Negeri 1Way Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 Jepara: Jurnal FKIP Unila

Downloads

How to Cite

Sakti, H. G., & Budin, B. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KAYANGAN. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 23–34. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.591

Citation Check