PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KAYANGAN
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.591Abstract
Minimnya model atau metode pembelajaran yang diterapkan didalam kelas sehingga proses pembelajaran monoton pada cara-cara lama, sehingga pengembangan kreativitas belajar siswa sangat minim. Rumusan masalah penelitian ini “apakah ada pengaruh penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utaraâ€.Tujuan Penelitian ini “ingin mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017â€.Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah Post Experimen-Control Design. JumlahPopulasi 48 orang.Dengan teknik pengambilan sampel random sampling.Adapun sampel yang digunakan adalah kelas IX.1 yakni kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas IX.2 merupakan kelas kontrol sebagai kelas pembanding.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode angket sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung.Teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui nilai “t†diperoleh sebesar6,596 Selanjutnya nilai tersebut yang dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% dengan N = 24 ternyata batas angka penerimaan atau penolakan hipotesis nol (H0) yang diajukan pada table distribusi t adalah sebesar 2,069. Kenyataan ini menunjukkan nilai thitunglebih besar dari angka penolakan hipotesis nol (H0) antara nilai thitung sebesar 6,596 lebih besar dari ttabelsebesar 2,069 (thitung 6,596 > ttabel 2,069). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 diterima.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Komputer, Kreativitas Belajar.
References
Munandar, U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta
Pengembangan Kreativitas Anak Berbakatat, Bandung: Rineka Cipta
Rachmawati. 2010. Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta
Kreativitas Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung: Rineka Cipta
Rusman, 2013.Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
,2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, A. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013.Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: : Alfabeta
Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sandjaja. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Olahraga.Jakata:
Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru, Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.
Wirawan. N. 2002. Cara Mudah Memahami Statistic 2. Denpasar: Keraras Emas
Pandu, S. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Computer Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Materi Dinamika Atmosfer Kelas X IPS SMA Negeri 1Way Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 Jepara: Jurnal FKIP Unila
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)