Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5941Keywords:
kesulitan belajar, kesulitan membaca, bahasa indonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca siswa kelas IV SDN Kunciran 5. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Aspek siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca dijelaskan dalam temuan penelitian sebagai kesulitan membaca dengan lancar, membuat banyak kesalahan saat membaca, kesulitan membedakan karakter yang sama dan memori visual yang buruk. Itu rusak dan tidak dapat mengenali simbol fonetik. Karakteristik kesulitan membaca siswa, yaitu menghapus kata/huruf, menyisipkan kata, mengganti kata, salah mengucapkan kata, mengucapkan kata dengan guru, mengulang-ulang, membalik huruf, tanda baca berlebihan Kurang perhatian, koreksi diri, ragu-ragu. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan dalam belajar membaca adalah siswa tidak dapat mengenal huruf, siswa tidak dapat membaca kata-kata yang tidak masuk akal, dan siswa tidak dapat disimpulkan bahwa aspek kesulitan belajar membaca yaitu siswa belum mampu mengenal huruf, siswa belum mampu membaca kata bermakna, membaca kata yang tidak mempunyai arti, siswa juga belum lancar membaca nyaring dan pemahaman (menyimak).
References
Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90.Aktif, P., & Sekolah, D. I. (2016). Issn e-issn : 2460-4917 : 2460-5794. 2, 30–43.
Anzar, S. F. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015 / 2016. 4(1), 53–64.
Burton, B., Windingstad, S., & Bell, S. M. (2006). Book Review: Early Reading Assessment: A Practitioner’s Handbook. In Journal of Psychoeducational Assessment (Vol. 24, Issue 2). https://doi.org/10.1177/0734282905285803
Feronika, L. (2016). Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (disleksia) serta Upaya Mengatasi pada Siswa VB Muhammadiyah 22 Sruni, Sukarata. Jurnal Skripsi, 1–14.
Gomes, F. De. (n.d.). DIAGNOSIS DAN METODE BELAJAR MEMBACA. 10.
Januarti, N. K., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287.
Mulyono Abdurrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasnya. PT RINEKA CIPTA.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853
Moleong, L. M. . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
Siti Urbayatun. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan pada Anak (Nur Huda A (ed.); Puspita Pu). 31 Oktober 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)