PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PENDIDIKAN GRATIS HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN SISWA SMAN 1 WOJA KABUPATEN DOMPU

Authors

  • Muzakkir Muzakkir IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.595

Abstract

Penyelenggaran pendidikan gratis oleh pemerintah pusat atau yang biasa dikenal dengan wajib belajar 9 Tahun dari Sekolah Dasar Sampai Sekolah Mengengah Pertema tetapi tidak sampai tingkat SMA/SMK. Pemerintah daerah kabupaten dompu menyelenggaran pendidikan gratis untuk SMA/SMK dengan anggaran daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan gratis di SMA hubungan dengan mutu pendidikan. Mutu dalam hal ini yaitu hasil belajar siswa. Dari analisis perhitugan hasil belajar bahwa 80% dari 95 jumlah siswa Kelas XI yang dijadikan sampel mayoritas memenuhi standar KKM dengan rata-rata nilai 85 diatas standar KKM 75. Respon siswa yang setuju dan sangat setuju tentang penerpan pendidikan gratis berjumlah 64 siswa atau 67%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung > Ftabel artinya tolak Ho dan terima Ha berarti penerapan pendidikan gratis ada hubungannya dengan mutu atau hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pendidikan Gratis, Mutu Pendidikan

References

Mulyasa. 2002: Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedijarto. 1991: Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: PT. Grasindo.

Suaidinmath (2011). Menyoal Sekolah Gratis Dikabupaten Dompu. Artikel

Suderadjat, Hari. 2005: Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. 2006: Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang SISDIKNAS dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Downloads

Published

2017-10-10

How to Cite

Muzakkir, M. (2017). PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PENDIDIKAN GRATIS HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN SISWA SMAN 1 WOJA KABUPATEN DOMPU. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 68–75. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.595

Citation Check