EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.596Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh gaya mengajar guru yang bersifat monoton,dan masih menggunakan metode konvensional, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, oleh karena itu salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung sebesar 6,884 dan ttabel 2,042 dengan taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 31-1=30 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (6,884>2,042) dengan demikian penelitian ini signifikan. Berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.
Â
Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar
References
Ardani, R.Z. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan Reward Terhadap Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab di MTSN Sleman Kota. Yogyakarta: (Skripsi).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azizah.2010. Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Circ (Cooperative Integrated Reading AndComposition)Terhadap KemampuanMenyelesaikan Soal Cerita Matematik. Jakarta: (Skripsi).
Djiwandono, S. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT INDEKS.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://ganditama-doc.blogspot.co.id/2014/03/definisi-pre-test-dan-post-test.html, di akses tanggal 08 Mei 2017, jam 23:54.
http://www.kompasiana.com/totopardamean/modelpembeljaran-untuk-efisiensi-dan-efektivitas-pembelajaran.html, di akses tanggal 19 April 2017, jam 20:18.
IKIP Mataram.2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram: IKIP Mataram.
Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudjiono dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2010. Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
__________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
__________. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. 2013.Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group
Tambunan, I. 2011. Pengaruh Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Scramble Terhadap Hasil BelajarKognitif Materi Sistem Peredaran Darah Siswa SMP. Semarang: (Skripsi).
Zumriatun, A. 2017.Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Mataram: (Skripsi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)