Pengembangan Media Monopoli Berbasis Pelajar Pancasila pada Tema “Kewajiban dan Hakku†Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5978Keywords:
Media Pembelajaran, Monopoli, Pelajar Pancasila,Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengembangkan media monopoli tematik berbasis pelajar pancasila pada tema “Kewajiban dan Hakku†kelas 3 di sekolah dasar. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Untuk mengembangkan media monopoli tematik ini telah melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media monopoli tematik memperoleh skor rata- rata total untuk seluruh aspek validitas ahli materi dosen universitas yaitu 93,33% hasil skor bahan ajar dinilai dari aspek materi menunjukkan media pembelajaran valid, 86,15% hasil skor aspek materi dari wali kelas 3 dan ahli media 93,33% yang menunjukkan kualitan media pembelajaran monopoli valid. Jika dilihat dari kelayakan media pembelajaran dilihat dari uji coba kelompok kecil diperoleh skor dengan rata- rata 4,4(Sangat Baik). Dan jika dilihat dari uji skala kelompok besar atau keseluruhan siswa memperoleh skor rata- rata 4,1 (Sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran monopoli tematik berbasis pelajar pancasila yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran PPKn dalam tematik kelas III
References
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidian, 21(2), 676- 678.
Batubara & Husein. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang Jawa Tengah: Fatawa Publushing.
Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Charda Ujang. (2018). Pendidikan Pancasila. Depok: PT Raja Grafindo Tinggi.
Durotul Yatimah. (2017). Landasan Pendidikan. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri.
Ega, Wati (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Hamja, B (2017). Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa. Justisia Jurnal Ilmu Hukum, 3(9), 11- 20.
Khasanah & Hasan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran.
Sufyadi Dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdigbud.
Sukoharjo Jawa Tengah: CV. Tahta Media Group.
Kustandi & Darmawan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Mawardi. (2019). Dasar- dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.
Nurlatifah & Awiria. (2019). Pembelajaran PKn SD. Bantul Yogyakarta: Samudra Biru.
Qomaruzzaman Bambang. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Bandung: Simbiosa rekatama media.
Ramen A Purba dkk. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sa’adah & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sa’diyah & Rosyid. (2019). Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Wahyudin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vidioscribe Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Tema 3 Subtema 3 Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan: Mataram.
Yatimah, D. (2017). LANDASAN PENDIDIKAN. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri.
Zulfitrah. (2020). Pengembangan media monopoli tematik pada tema daerah tempat tinggalku untuk siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan: Jambi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)