PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.598Abstract
Di sekolah Madrasah Aliyah NW Sanggeng dalam proses belajar mengajar ditemukan masalah dilapangan, diantaranya, setelah melakukan observasi dan analisis masalah bahwa penggunaan pembelajaran multimedia dalam proses pembelajaran memberikan suasana yang berbeda disaat proses pembelajaran berlagsung. Gejala positif telah ditunjukkan melalui sikap siswa dalam pelaksananan proses belajar. Sebelum siswa menggunakan pembelajaran multimedia, mereka hanya menghafal teori, pemahaman siswa tentang isi materi hanya sebatas pemahaman secara teoritis, sehingga tidak ada perkembangan yang signifikan pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah NW Sanggeng baik dalam pemahaman secara teori dan terlebih lagi motivasi belajar. Pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah NW Sanggeng telah menunjukkan perubahan yang signifikan, siswa yang telah mendapatkan sistem pembelajaran multimedia cenderung motivasinya lebih tinggi dibandingkan siswa yang belum mendapatkan sistem pembelajaran multimedia. Akan tetapi, disisi lain ada siswa yang tidak mengalami perubahan meski sudah diberikan sistem pembelajaran multimedia. Tujuan yang ingin dicapai adalah Ingin mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah NW Sanggeng?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket, dokumentasi .Sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis statistik dengan menggunakan rumus Chi Kwadrat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa derajat kebebasannya adalah (dk) = 9 dan taraf kesalahan yang ditetapkan 5% maka chi kwadrat tabel = 16,919, sedangkan chi kwadrat hitung = 17,19 maka dari itu dapat disimpulkan chi kwadrat hitung lebih besar dari pada chi kwadrat tabel ( 17,19 > 16,919 ). Sesuai ketentuan kalau chi kwadrat hitung lebih besar dari chi kwdrat tabel maka, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi kesimpulannya adalah hasilnya signifikan dan hipotesis alternatif yang di ajukan ada Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah NW Sanggeng.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Bina Aksara
Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Bina Aksara.
Ariani, dkk. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Prestasi Pustaka : Jakarta
Bidanshop, 2012. pengertian-skala-likert. http://bidanshop.blogspot.com/2010/01/pengertian-skala-likert.html, hari kamis, tgl 29 maret, Pukul 19:54
Djarwanto,.2000. Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi, Yogyakarta : Liberti.
Gintings, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora : Jakarta.
Hadi Sutrisno, 2000. Metodologi Resech Jilid 2, Andi : Jogjakarta.
Karno, dkk,. 1978. Tabel Matematika SLTP , Surakarta : PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri.
Luluvikar,2012.aplikasi-multimedia-dlm-pembelajaran. http://luluvikar.files.wordpress.com/2011/10/aplikasi-multimedia- dlm-pembelajaran.pdf, hari kamis, tgl 29 maret. Pukul 19:52
Nengmarlina, 2012.multimedia-pembelajaran. http://nengmarlina.blogspot.com/2011/02/pengertian-multimedia- pembelajaran.html, hari kamis, tgl 29 maret, Pukul 19:54
Muhammad Saleh (2010) judul skripsi “Pengaruh penggunaan media audio vidio terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtida’iyah An-Nur Bogak Desa Tumpak Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011†IKIP : Mataram.
Nazir, Moch. 2005. Metodelogi Penelitian. Geila Indonesia : Bogor
Nurmayanti (2011), judul skripsi “Hubungan antara penggunaan media dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti layanan BK di SMA 1 Bayan Tahun Pelajaran 2010/2011â€IKIP : Mataram.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian. Penerbit SIC : Surabaya.
Sugiyono . 2010. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung.
Surnawati, Siti. 2010. Skripsi Optimalisasi Bimbingan Konsling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. IKIP : Mataram.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung. Tim Penyusun,2011. Pedoman Penulisan Skripsi. IKIP : Mataram.
Wikipedia, 2012. Multimedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, hari kamis, tgl 29 maret. pukul 19:59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)