EVALUASI CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) PENERAPAN KURIKULUM SMK
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.599Abstract
Penerapan kurikulum di SMK mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian mengidentifikasi penerapan kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi model IPP (Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data melalui cara: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas penerapan kurikulum tergolong baik berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). (2) Terdapat kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum tidak begitu signifikan dan masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah. (3) Tingkat kesulitan penerapan kurikulum tergolong tinggi berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Namun masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah.
Kata Kunci : Evaluasi CIPP, Kurikulum, SMK
References
Burhan Nurgiyantoro. 1985. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1993. Sistem Ganda pada Pendidikan Menengah Kejuruan.. Jakarta.
E. Mulyasa. 2002. KBK, Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
_________. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
_________. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Hadi Sutrisno. 1993. Bimbingan Menulis Skripsi Thesis. Yogyakarta: Andi Offset
H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
M. Joko Susilo. 2007. KTSP Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Menyongsongnya..Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
M. Syah.2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
N. Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Muhaiman, Sugeng Listyo Prabowo, & Sutiah. 2008. Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: P.T. Rajagrapindo Persada.
Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22, 23, 24 Tahun 2006. Tentang Standar Isi,SKL, dan Pelaksanaan. Jakarta: DEPDIKNAS.
S. Hamid Hasan.2007. Evaluasi Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
S. Nasution. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
. 1993. Prosedur Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Yogjakarta : P.T. Bumi Aksara
Sutrisno Hadi. 1983. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional. Jakarta: PSAP Muhamadiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)