Strategi Peningkatan Mutu Melalui Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi Swasta (Descriptive Study di Prodi Manajemen Undikma)
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5999Keywords:
Strategi, Mutu, Kurikulum Merdeka, PTSAbstract
Kurikulum Merdeka atau MBKM yang telah diterapkan diberbagai institusi pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi saat ini menjadi acuan baru peningkatan mutu pendidikan dengan semangat pembangunan sumber daya manusia yang mumpuni. Pelaksanaan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi Swasta memantik perhatian dari berbagai kalangan karena pada dasarnya kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) saja masih pada tahapan penyesuaian. Seharusnya MBKM menjadi pelengkap dan penyempurnaan dari pelaksanaan KKNI, sehingga pengembangan kompetensi yang luas untuk mahasiswa dapat dicapai secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap strategi jitu dan alternatif pengambilan keputusan apa yang dapat menjadi acuan dalam pengelolaan kurikulum merdeka guna peningkatan mutu khususnya pada Prodi Manajemen dan Lembaga Universitas Pendidikan Mandalika pada umumnya. Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode study descriptive yaitu dengan melakukan observasi dan interview secara mendalam, intens, dan directive sehingga memudahkan untuk menemukan Strength, Weaknesses, Opportuninity, dan Threat (SWOT) dalam upaya peningkatan mutu dalam pelaksanaan Kuruikulum Merdeka Belajar (MBKM). Terdapat kesesuaian dan kausalitas antara pelaksanaan MBKM dan KKNI di Program Studi, yaitu Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sendiri didasarakan adanya tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, kompetensi, dan pengembangan skill. Selanjutnya, orientasi pada keutuhan capaian kompetensi pembelajaran, meliputi unsur sikap/tata nilai, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Sehingga strategi peningkatan mutu pembelajaran yakni dengan melakukan serangkaian kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreatifitas dan keterampilan to do something mahasiswa harus dilakukan di dalam maupun di luar kelas perkuliahan. Â
References
Bogdan, Robert C, and Biklen S.K., (1982). Qualitative Research in Education, Boston, Allyn & Bacon, inc.
Daga, Agustinus Tanggu. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal educatio Vol 7 No 3 (2021). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1279
Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
David, Fred R. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Disdikbud. 2020. Reformasi Pendidikan Nasional Melalui Merdeka Belajar. Pringsewu: Disdikbud
Fahmi, Agus. 2020. Strategi Manajemen Akademik Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal Paedagogy Vol 7, No 4 (2020). http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2853
Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lincoln, Yvonna S. & Guba, Egon G. (1985). Naturalistic Inquiry. California, Beverly Hills: Sage Publications.
Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI-Press.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (1), 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248.
Rahamsyah, F. M. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index.
Rodiyah. (2021). Implementasi Program Merdeka belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Responsif terhadap kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Dalam: Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Penidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, hlm. 1-12. htpps://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356.
Wulandari, D. dkk. (2021). Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Panduan-Kerjasama-Kurikulum-dan-Implementasi-MBKM-Tahun-2021-Final.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)