EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.600Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014 ?â€. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka Tujuan Penelitian adalah Ingin Mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.†Teknik penentuan dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 46 siswa. Metode pokok pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan uji statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis data dan pembahasan pada bab IV dapat disimpulakan bahwa Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Sehingga dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 8,515 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db=45 adalah 2,014 atau (8,515>2,014). Kenyataan ini menunjukan bahwa nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar daripada ttabel, dengan demikian Ha yang berbunyi Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Metode Gallery Walk, Kemampuan Mengingat.
References
Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Djadjasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Jakarta: Refika Aditama.
Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rasyidi. 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Dialihbahasakan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D).Alfabeta Bandung, 2010.
(http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/30/taksonomi-perilaku-individu/). Diakses pada 23 april 2014 jam 09.00 WITa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)