PERBANDINGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BERPENDIDIKAN TK DENGAN TIDAK BERPENDIDIKAN TK PADA KELAS III DI SD NEGERI 7 KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.602Abstract
Adanya perbedaan latar belakang siswa yang berasal dari TK dan bukan dari TK, hal ini setidaknya akan membawa konsekwensi perbedaan cara pandang siswa terhadap temannya, sehingga terjadilah pengelompokan-pengelompokan teman bergaul yang pada prinsipnya sangat tidak diharapkan. Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan kemampuan berinteraksi sosial antara siswa yang berpendidikan TK dengan siswa yang tidak berpendidikan TK pada kelas III di SDN 7 Kediri. Dengan tujuan penelitian, mengetahui perbedaan kemampuan berinteraksi sosial antara siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK pada kelas III di SDN 7 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan penentuan subjek adalah menggunakan populasi, Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, sedangkan untuk analisis menggunakan analisis statistik. Dari analisis menunjukkan t hasil analisis diperoleh 0,36, sedangakan t tabel 13,8. ini berarti hipotesis yang berbunyi †Terdapat perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN No. 7 Kediri Tahun Pelajaran 2008/2009â€, ditolak. Sedangkan hipotesis nihil yang berbunyi â€Tidak ada perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN No. 7 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009â€, diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Tidak ada perbandingan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial siswa yang berpendidikan TK dengan yang tidak berpendidikan TK kelas III di SDN 7 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009â€.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, TK
References
Abu Ahmadi, Psikologi Sosial, Bina Ilmu, Semarang, 1979.
___________, Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta, 1991.
Agus S. Tangyong, CBSA. Perkembangan Anak Usia Kanak-kanak, Gramedia Jakarta 1990.
Agus Sujanto, Psikologi Perkembangan, Rineka Cipta, Jakarta, 1977.
Andi Mappiare, Pengantar Bimbingan dan Konling di Sekolah, Usaha Nasional, Surabaya, 1995.
Anggani Sudono, Pedoman Pendidikan Pra Sekolah, Grafindo, Jakarta, 1991.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.
Arif Rahman dkk, Psikologi Sosiologi, Intan Pariwara, Klaten. 2002.
Bambang Hartono, Anak Anda di TK?, Gunung Mulya, Jakarta, 1992.
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta, 1971.
Kartini Kartono, Mengenal Dunia Kanak-kanak, Raja wali Jakarta, 1985.
M. Kasiran, Ilmu Jiwa Perkembangan, Usaha Nassional, Surabaya, 1983.
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru, Bandung, 1990.
Panji Anaraga dan Sri Suryati, Psikologi Industri dan Sosial, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.
Saiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 1997.
___________, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Rineka Cipta, Jakarta, 1993.
Surjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pegantar, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1980.
Soemantri Padmono Dewo, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.
S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1997.
W.A. Keruangan, Psikologi Sosial, ERESJO, Bandung, 1986.
Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1986.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)