PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA MA NURUL ISHLAH NW BELEKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.604Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik sosiodrama terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII MA Nurul Ishlah NW Beleka Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah. Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (Nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Siswa MA yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan sampel yang digunakan adalah 15 orang siswa yang mengalami masalah setelah dilakukan Pre-test. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai t hitung sebesar 16,78 dan kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan db (N-1) = (15-1) = 14 dengan taraf signifikansi 5% =2,144 dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (16,78 > 2,144),) sehingga dapat disimpulkan “ Signifikanâ€. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tekhnik sosiodrama terhadap kepercayaan diri siswa MA Nurul Ishlah NW Beleka Praya Timur Lombok Tengah tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Tekhnik Sosiodrama, Kepercayaan Diri.
References
Aqib, Zainal. 2011. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Yrama Widya
Arikunto, S 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamaroh, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Fatimah. Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV. Pustaka Setia
Gufron dan Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Hafiz Muthoharoh ( https://alhafizh84.wordpress.com/2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/. Dia akses Rabu, 17 Januari 2015.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Roestiyah, N.K 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Renika Cipta.
Sanjaya, W. 2006, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Surya Kencana
Subini Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantatif R & D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)