HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Authors

  • Ary Purmadi IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA dan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa intensitas belajar mempunyai hubungan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang memberikan sumbangan/kontribusi sebesar 32,5% dan sisanya sebesar 67,5% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel penelitian.
Kata kunci : Intensitas Belajar, Prestasi Belajar, Fisika

Author Biography

Ary Purmadi, IKIP Mataram

Dosen Teknologi Pendidikan IKIP Mataram

References

Afandi, Mahbub. 2008. Pengaruh Intensitas Bimbingan Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri I Durenan Trenggalek. Malang: UM.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fitris, Wuri Amelia. 2011. Korelasi Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Di Gugus II Kota Malang. Malang: UM.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumain. 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang tua dan Intensitas Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri I Malang. Malang: UM.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2016-10-10

How to Cite

Purmadi, A. (2016). HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.613

Citation Check