MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 SEKONGKANG
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.617Abstract
Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah di kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen pada kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah; Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah Sumbawa pada kelas eksperimen; Untuk mengetahui hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan lagu daerah Sumbawa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu “t†hitung lebih besar dari “t†tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu (14,725 > 1,681) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan†dengan demikian kesimpulan yang diperoleh: “Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016, hal ini menunjukkan Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016 diterima.
Kata Kunci: Media Lagu Daerah, Pembelajaran Menulis, Cerpen.
References
Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Badrun, A. 1983. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.
Hartono, B. 2007. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia. Semarang: Unnes.
Murahim. 2014. Penulisan Kretif Sastra. Mataram: FKIP Universitas Mataram Press.
Murtono, S; & Murwani, S. 2010. Seni Budaya Dan Keterampilan. Yudhistira.
Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Thahar, H.E. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)