EFEKTIFITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA KELAS III SDN 2 TAMANSARI
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.618Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung matematika khususnya perkalian dua angka pada siswa kelas III SDN 2 Tamansari tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Tamansari yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 49,25, selanjutnya meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 65,70 dan meningkat memenuhi KKM yaitu 70 pada siklus II dengan nilai 85,25. Selanjutnya peningkatan keterampilan berhitung terlihat juga pada hasil prosentase kelas secara klasikal. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 pada kondisi awal sebanyak 7 siswa (35%). Selanjutnya meningkat pada siklus I, dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa (65%), dan meningkat tajam pada siklus II, dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 18 siswa (90%), Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tekhnik jarimatika efektif untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III SD Negeri 2 Tamansari.
Kata Kunci: Jarimatika, keterampilan berhitung
Kata Kunci: Jaritmatika,Berhitung, Matematika.
References
Budyono, Tri. 2008. Mahir Berhitung
dengan Jari Tangan. Jakarta: CV
Sinar Jaya Abadi.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran
Matematika di Sekolah Dasar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta. 1996. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Septi Peni Wulandari. 2008. Jarimatika
Perkalian dan Pembagian.
Tangerang: PT Kawan Pustaka.
Gunawan Ari Saputro.2009. Efektifitas
Pengajaran Sempoa dan Jarimatika
untuk Mengatasi Kesulitan Belajar
Matematika Siswa Kelas I SDN
Candirejo kab. Semarang Tahun
Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak
diterbitkan. Surakarta:UNS.
Diana. 2010. Efektifitas Permainan Ular
Tangga untuk meningkatkan
kemampuan Berhitung Anak ADHD Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (online), 1 (3) : 13-19
((http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu_, diakses 8 Juli 2013
Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
TIM Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)