PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 3 LEPAK KECAMATAN SAKRA TIMUR

Authors

  • Zinnurain Zinnurain IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.621

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan pemahaman berhitung melalui penggunaan media gambar Pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas II SDN 3 Lepak Timur Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menyajikan pokok bahasan operasi bilangan khususnya soal cerita yang menggunakan media gambar, selanjutnya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan pemahaman berhitung pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas II di SDN 3 Lepak Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil perhitungan t-test, yaitu diperolehnya to = 2,953 yang ternyata lebih besar dari “t†yang tercantum pada tabel nilai “t “ (tt abel 5% = 2,05 dan 1% = 2,76), maka dapat disimpulkan 2,05 < 2,953 > 2,76. Artinya bahwa secara meyakinkan dapat dikatakan penggunaan media gambar telah menunjukkan efektivitasnya yang nyata, atau dapat diandalkan sebagai metode untuk meningkatkan pemahaman menghitung siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 3 Lepak Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Media Gambar, Berhitung, Matematika

References

Abdurahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta

Arikunto, S. (1985). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Darhim. (1993). Work Shop Matematika. Jakarta: Depdikbud

P2MSDK Depdikbud. (1993). Kurikulum Pendidikan Dasar I. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SD, TK, dan SLB

Khafid K, dkk. (2002). Pelajaran Matematika 1 SD Kelas 1. Jakarta: Erlangga

Monks, Fj, dkk. (2002). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada UniversityPress

Downloads

Published

2017-04-10

How to Cite

Zinnurain, Z. (2017). PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 3 LEPAK KECAMATAN SAKRA TIMUR. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.621

Citation Check