PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.626Abstract
Kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKN masih rendah hal ini nampak dari cara mengajar guru yang membosankan dan kurang kreatif, akibatnya siswa kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga sulit dalam memahami pelajaran. Selain itu penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti penggunaan internet kurang dioptimalkan. Hal ini terlihat pada kurang dimanfaatkannya internet sebagai sumber belajar. Dengan adanya Media Blog diharapkan proses pembelajaran mata pelajaran PPKN menjadi lebih inovatif sehingga minat belajar siswa semakin meningkat dan berdampak terhadap kreativitas belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah ada Pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kediri. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan Metode analisis data menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan yaitu nilai (thitung 6,795> ttabel 2,042) dengan taraf signifikansi 5% dengan demikian nilai dari thitung lebih besar dari ttabel yang menyebabkan Ha yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa diterima.
Kata Kunci : Media Blog, Kreativitas Belajar siswa.
References
Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta : Jakarta.
Hartoto, Dkk. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. FIP. Universitas Negeri Makassar.
Huette, S. 2006. Blogs in Education. Universiti of Oregon. Tersedia pada http://tep.uoregon.edu/shared/blogswikispodcasts/BlogsInEducation.pdf diakses pada tanggal 15 Desember 2011.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)