EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI ANIMASI FLASH BERBASIS POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MI AL-IKHLASYIAH LOMBOK BARAT

Authors

  • Hastuti Diah Ikawati IKIP Mataram, Indonesia
  • Wiwien Kurniawati IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.629

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point Efektif terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen yaitu dengan desain one group eksperimen. One group eksperimen design, dan penelitian ini tidak menarik sampel kerena penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan anaisis data dalam penelitian ini mmenggunakan analisis chi square. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan media presentasi animasi flash berbasis power point, maka dari hasil uji
menunjukkan nilai
sebesar 16.26 dengan taraf signifikan 5% dan
= (5-1) (2-1) = 4 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis nol (Ho) yang dinyatakan dalam tabel distribusi t adalah 9.48. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai
lebih besar dari pada ttabel, maka penelitian ini signifikan (16.26 > 9.88). Karena
lebih besar dari pada ttabel maka penelitian ini signifikan.
Kata Kunci : Animasi Flash, Motivasi, IPA

Author Biographies

Hastuti Diah Ikawati, IKIP Mataram

Dosen IKIP Mataram

Wiwien Kurniawati, IKIP Mataram

Dosen IKIP Mataram

References

Ahmadi. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta:Prestasi Pustakaraya

Anitah, S.2012. Media Pembelajaran.Surakarta: Yuma Pressindo.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana N. 2007. Media Pengaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendi, Edi. 2009. Kreasi dengan Adobe Flash Professional. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2016-11-10

How to Cite

Ikawati, H. D., & Kurniawati, W. (2016). EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI ANIMASI FLASH BERBASIS POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MI AL-IKHLASYIAH LOMBOK BARAT. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.629

Citation Check