Efektivitas Model Project Based Learning dan Model Inkuiri dalam Memperbaiki Hasil Belajar Kimia

Authors

  • Niken Rizky Johana Universitas Mataram, Indonesia
  • Agus Abhi Purwoko Program Studi Pendidikan Kimia , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia
  • Saprizal Hadisaputra Program Studi Pendidikan Kimia , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dan model inkuiri dalam memperbaiki hasil belajar kimia dan mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental-semu ( quasi experimental) dengan desain penelitian menggunakan pretest-posttest non equivalent multiple group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik  purposive sampling. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen I (XI MIPA 1) yang diterapkan model project based learning dan kelas eksperimen II (XI MIPA 2) yang diterapkan model pembelajaran inkuiri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes untuk pemahaman konsep (pretest dan posttest) dengan bentuk soal pilihan ganda untuk pretest dan soal uraian untuk posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan uji standar gain dan uji-t, diperoleh rata-rata n-gain kelas PjBL sebesar 0,66 dengan kategori cukup efektif dan kelas inkuiri sebesar 0.37 dengan kategori tidak efektif . Pada uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%) diperoleh bahwa thitung 2,428 dan ttabel = 1,667 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas model pemelajaran yang signifikan antara model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran inkuiri dalam memperbaiki hasil belajar kimia, dimana model PjBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik.

References

Afriana, Jaka, Anna Permanasari dan Any Fitriana. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegritas STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Unovasi Pendidikan IPA. 2(2): 202-212.

Anggraini, Putri Dewi. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Fahadah, Shima Elya, Nurika, dan Firya Lutfiya. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 198-208.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indian University.

Handoyono, Nurcholish Arifin. 2016. Pengaruh Inquiry Learning Dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkkr Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6(1): 31-42.

Haryati, Eka, Yayuk Andayani, dan Syarifa Wahida Al Idrus. (2019). Analisis Minat Belajar dan Kemauan Awal Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Minyak Bumi. J. Pijar MIPA, 14(3), 128-134.

Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. 1(1): 150-168.

Mistawati dan Endah Resnandari Puji Astuti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Network Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 40-47.

Muntari, Agus Abhi Purwoko, Lalu Rudyat Telly Savalas, dan Wildan. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 120-124.

Nurkhasanah, Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan. 5(1): 47-53.

Rahma, F.M., I N. Tika, dan I W Karyasa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 3(2): 77-82.

Rosyid, Naylur dan Eha Suhayati. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’ad. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 76-96.

Setyowati, Nuning dan Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermaksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(3): 253-263.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Andita Putri, Stefanus C. Relmasira, dan Agustina Tyas Asri Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta. Deepublish.

Wahyuni. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Metode Inkuiri Bagi Siswa SD Negeri 2 Harjodowo. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 10-18.

Zakiyah, I. (2019). Implementasion of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Studen on Poetry Wriring Skill. Journal of Promary Education, 8(1), 51-58.

Published

2023-04-20

How to Cite

Johana, N. R., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning dan Model Inkuiri dalam Memperbaiki Hasil Belajar Kimia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 287–295. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6389

Issue

Section

Articles

Citation Check