Konfergensi Media-Media Pembelajaran Digital Pasca Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6441Keywords:
Media-Media Pembelajaran, Digital, Covid-19Abstract
Revolusi Industri 4.0 ini merupakan era inovasi disruptif, dimana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru (new market). Menghadapi tantangan yang besar tersebut, maka dunia pendidikan dituntut untuk berubah dan berbenah untuk lebih baik lagi dalam mencipatakan generasi yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan bahasan tentang, munculnya media-media pembelajaran digital pasca Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan opinion survey di SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Hasil analsisi peneliti diketahui. Keragaman media-media pembelajaran pasca covid-19 memberikan sumbagsi dalam proses belajar mengajar di SMA Perintis 1 Bandar Lampung, pemanfaatan media pembelajaran pasca covid-19 agar peserta didik dan pendidik dapat terus berkembang dan menjadi generasi milenial yang tidak buta akan dunia teknologi informasi komunikasi dan sesuai dengan bunyi Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa. SMA Perintis 1 Bandar Lampung hampir sepenuhnya sudah menggunakan media pembelajaran digital pasca covid-19 yang beragam dan sudah dapat dikembangkan sendiri oleh pendidik dan peserta didiknya.
References
Afifah, N. (2015). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Jurnal Pendidikan, 1(Vol. 1 Januari 2015: Jurnal Pendidikan), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148
Amin, I. M., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2020). Peran literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL Maarif Singosari Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 58–67. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh: 91–96.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Purmadi, A., & Garnika, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Dalam Menggunakan E-Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 11-15. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2265
Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2732
Putri, M., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174-180. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3073
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Syafriafd, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. 06(01), 1–8.
Tonni Limbong dan Janner Simarmata. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran Teori dan Praktik, Yayasan Kita Menulis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)