Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Site untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6604Keywords:
Blended Learning, Google Site, Efektivitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemenarikan dan efektivitas pengguna terhadap pengembangan media pembelajaran blended learning berbantu google sites di SDN 2 Way Dadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan penedekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini di lakukan di SD Negeri 2 Way Dadi Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Kemenarikan media pembelajaran blended learning berbantu google sitess dari prespektif peserta didik dapat dikategorikan sangat menarik dengan nilai 80,9 untuk ujicoba skala kecil dan kategori sangat menarik juga dengan nilai 80,3 untuk uji skala besar, Selain itu beberapa respon juga dikemukakan mengenai kemenarikan produk seperti tidak membosankan dan meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Selanjutnya Keefektifan penggunaan model pembelajaran blended learning berbantu google sitess yang diterapkan dalam proses pembelajaran mendapatkan nilai uji effect size sebesar 0,62 dengan kategori sedang, Hal ini menyebabkan model pembelajaran blended learning berbantu google sitess cukup efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Amran, A., Perkasa, M., Jasin, I., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pengajaran Didasari Skor Pelatihan Karakter Guna Generasi Indonesia Abad 21. Lentera pelatihan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 233. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5
Andriani, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Pengaplikasian Rancangan Pengukuhan Pelatihan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pelatihan, 1, 238–244.
Anwar, M. K. (2017). Pengajaran Tambahan guna mempola Karakter Murid menjadi Pelatihan. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559
Astiarini, W. (2016). Penumbuhan Model Pengajaran Pelatihan Prilaku Didasari Cerita Lewat Komik Bagi Murid Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pelatihan Dasar, 7(1), 176–184. file:///D:/SKRIPSI/E-SKRIPSI/jurnal/cara tinjauan/m1.pdf
Batubara, A., & Darmawan, C. (2017). Demokrasi Pada Pelatihan Kewarganegaraan Dengan Inovasi Media Pengajaran. Jurnal Ilmiah Pelatihan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2, 81–84.
Chandra, E. N., Mufliharsi, R., Chandra, E. N., & Mufliharsi, R. (2020). SOSIALISASI PEMAKAIAN QR CODE MENJADI USAHAA PENUMBUHAN BAHAN AJAR BAGI MURID SMK SOCIALIZATION THE USE OF QR CODE bagian guna tujuhan sistem pelatihan di Indonesia sukses yakni dibutuhkan suatu inovasi ataupun pemakaian bahan ajar atau modul . 4(2).
Chayati, Nur dan Supriyanto, Eko Supriyanto dan Yahya, M. (2015). Penanganan pengajaran prilaku demokratis di smp muhammadiyah 1 kartasura. Jurnal Pelatihan Ilmu Sosial, 25(2), 20–33. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=caches:izezIz2zxsgJ:journals.ums.ac.id/indeks.php/jpis/article/download/1533/1075+&cd=3&hl=en&ct=clnk&gl=i
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Alat Pengajaran Abad 21: Komik Digital Bagi Murid Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan …, 3. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744
Gunawan, H. (2015). Pemakaian Teknologi QR Code Ketika Penumbuhan. Jurnal Teknologi Terapan, 1(1), 49–55.
Ilyasir, F. (2020). Pelatihan demokratis di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendirian Pelatihan: Fondasi Dan Program, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25998
Machin, A. (2014). Aplikasi pendekatan saintifik, penumbuhan sikap dan konservasi pada pengajaran bahan penumbuhan. Jurnal Pelatihan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Manullang, A. S., & Hastuti, H. (2021). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.139. 2(4), 371–381.
Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J. (2019). Supremasi situasional guna menumbuhkan persaingan keluaran pelatihan abad 21. JAMP: Jurnal Administrasi Pelatihan, 2(2), 40–48. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/7445
Putri, T. D. (2019). Pengaruh Teknologi terhadap Pelatihan di Era sekarang. https://doi.org/10.31227/osf.io/72sqb
Rachmadtullah, & Wardani Reza, A. P. (2016). Kewarganegaraan Lewat Strategi Pengajaran Contextual and Learning. Jurnal Pelatihan Dasar, 7, 116–127.
Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pelatihan Sikap berlandaskan budaya sekolah pada pengajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pelatihan IPS, 5(1), 79–92. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925
Sultoni, S., Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Akibat Pengajaran Bersifat Atas Pengukuhan Prilaku Murid Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Pelatihan, 3(2019), 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p160
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Peran cara pengajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada program QR code atas hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Disegi Pelatihan Matematika, 5(01), 90. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)