Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi LSP P1 terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Didik melalui Model CIPP di SMK Negeri 2 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6834Keywords:
evaluasi, CIPP, uji sertifikasi, kompetensi asesor,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan uji sertifikasi LSP P1 terhadap peningkatan kompetensi peserta didik melalui model CIPP di SMKN 2 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan CIPP yang meliputi aspek context, input, process, product dan secara menyeluruh. Populasi dalam penelitian ini adalah asesor yang berjumlah 5 orang. Sampel yang di gunakan adalah seluruh anggota populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Pendeskripsian data menggunakan pendekatan kategori jenjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK program keahlian multimedia ditinjau dari aspek : (1) context termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 41,80 atau (87,00); (2) input termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 55,80 atau (87,19%); (3) process termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 36,40 atau (82,73%); (4) product termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 27,40 atau (85,63%); dan (5) secara menyeluruh termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian hasil kualitas sebesar 161,40 atau (85,85%). Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi hendaknya dilaksanakan secara berjenjang untuk menyelesaikan seluruh skema agar lulusan mendapatkan sertifikat kompetensi SKKNI level 2.
References
Ambiyar & Muharika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta. http://repository.upiyptk.ac.id/2917/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN EVALUASI PROGRAM-MUHARIKA FIX.pdf
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2019). Petunjuk Teknis Pelatihan Asesor Kompetensi Dan Recognition Current Competency ( Rcc ).
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.
Gunadi. (2015). Peningkatan Keterampilan Produktif Calon Guru Smk. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kejuruan, 21(4), 301–306.
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Hidayati, A., Barr, F. D., & Sigit, K. N. (2021). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 284. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39508
Kuntoro, T. (2020). EVALUASI PELAKSANAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Oleh LSP-P3 DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN MODEL CIPP. 204.
Mahmudi, I. (2011). CIPP : Suatu Model Evaluasi Pendidikan. At-Ta’Dib. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 9–11.
Marsiti, C. I. R. (2011). Upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan melalui pengembangan profesionalisme guru. In Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 1, Issue 1, p. 157). https://doi.org/10.21831/jpv.v1i1.5810
Murniati & Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajemen Strategik dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Citapustaka Media Perintis.
Taufiqurrahman, M. (2022). Penggunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Program Asistensi Mengajar Di TK Miftakhul Jannah. 11(3).
Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. Addabana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/addabana/article/download/122/132
Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17–45.
Stufflebeam, D.L., Madamand, C.F., & Kellaghan, T. (2000). Evaluation models. Boston: Kluwer Academic Publishers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)