Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Pada Materi Laju Reaksi
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7081Keywords:
e-Modul, STEM, Momen Kappa, Laju ReaksiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sumber belajar siswa dalam mengaitkan ilmu kimia dengan ilmu lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul serta mengetahui respon siswa dan praktikalitas guru dari penggunaan e-Modul kimia berbasis STEM dengan tampilan flipbook pada pokok bahasan laju reaksi untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan desain penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk mencari terlebih dahulu informasi yang diperlukan dalam penelitian dan angket digunakan untuk melihat dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul. Hasil penelitian diketahui valid dengan menunjukkan hasil validasi materi dan media dalam modul kimia berbasis STEM pada materi laju reaksi.
References
Amdayani, S., Makharany, D., dan Haqqi, A N. (2022). Pengaruh modul termokimia berbasis STEM terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kapita selektakimia. Scool Education Journal. 12(2): 96.
Arnila, R., Sri, P., dan Nehru. (2021). Pengembangan e-modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada materi fluida statis dan fluidadinamis menggunakan kivosft flipbook maker. Jurnal Pendidikan. 5(1): 1-6.
Hamalik. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Irmita, L, U. (2018). Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan science, technology, engineering and mathematic (STEM) pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal pendidikan kimia. 2(2): 27-37.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu pendidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Maunah, A. (2009). Landasan Pendidikan. Yigyakarta: Pendidikan Teras.
Maya, Y dan Nurhuda. (2017). Pengaruh pemanfaatan waktu belajar pemanfataan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akutansi di SMK Labor Binaan FKIP INRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi FKIP. 5(1): 34.
Putri, M., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174-180. doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3073
Rahmawati, D., Sri, W., dan Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal pembelajaran fisika. 6(4): 327.
Sanaky, M M., La Moh. Saleh., dan Henriette, D T. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedungasrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik. 11(1): 433.
Siswanto. (2008). Validitas sebagai alat penentuan kehandalan tes hasil belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 6(1): 109.
Sujana, I, W, C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 29-39.
Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Susilo, A., Siswandari., dan Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(1): 50-56.
Thiagarajan, S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A source book. Minnesota: University of Minnesota.
Zevenbergen, R. J., Grootenboer, P., dan Sullivan, P. (2010). Good learning=A Good Life: Mathematics Transformation in Remote Indigenous Communities. Australia Journal of Social Issues. 45(1): 131-145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)