Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menentukan Suatu Ide Pokok Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5706Keywords:
Kesulitan siswa, ide pokok, paragrafAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menentukan suatu ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam menentukan suatu ide pokok paragraf yaitu berdasarkan 23 siswa dari hasil menentukan suatu ide pokok paragraf siswa pada kategori sangat baik terdapat 4 siswa, kategori baik 7 siswa, kategori cukup 4 siswa dan kategori kurang terdapat 8 siswa. Terlihat dari hasil presentase aspek 3 menyimpulkan isi paragraf mendapat poin presentase terendah yaitu 47,8% sedangkan pada aspek 1 menentukan kalimat utama dalam paragraf menentukan kalimat utama 65% dan aspek 2 menentukan inti dari kalimat utama 78,3%. Dapat dikatakan dari hasil penelitian mengenai analisis menentukan suatu ide pokok paragraf ini masih banyak siswa yang kurang dalam menentukan suatu ide pokok paragraf dan hanya sebagian kecil siswa yang memahami menentukan suatu ide pokok paragraf.
References
Habsoh, R. S. (2020). Analisis Kesulitan Menentukan Ide Pokok Paragraf Pada Kelas Iv Sekolah Dasar : Penelitian Kualitatif Terhadap Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Muda Cicalengka.
Heri. (2018). Pnaduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah . Bandung: Cv Pustaka Setia.
Hudaa, M. P. (2018). Estetika Berbahasa: Mengapresiasi Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Cv Jejak.
Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.
Sugiyono, P. D. (Ed.). (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.
Mariana, M. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok Pada Paragraf Di Kelas Iv Sd Swasta Harapan Baru Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Thesis, Universitas Quality.
Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota Ikapi) .
Nurhadi. (2017). Handbook Of Writing (Panduan Lengkap Penulis). Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Prihatin, D. (2018). Analisis Kesulitan Sisw Dalam Menemukan Ide Pokok Pada Paragraf Teks Bacaan Kelas V SD Negeri 4 Gondang Sragen. 1.
Saryono, S. (2021). Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara.
Sasono. (2021). Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara.
Tampubolon. (2018). Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif Dan Efesien. Bandung: Cv Angkasa.
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan Antara Minat Membaca Dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
Novritza. (2018). 2018. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 104-123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)