Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Seluma
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5801Keywords:
Media Internet, Minat Belajar.Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah terdiri dari seluruh siswa SMP Negeri 5 Seluma yaitu dari kelas VII, VIII, IX sebanyak 450 siswa. Jumlah sampel 67 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media internet terhadap minat belajar IPS siswa di SMP Negeri 5 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 4974 + 0,0014 X nilai b (koefisien regresi) menunjukkan adanya pengaruh positif variabel X terhadap variabel Y dengan keeratan hubungan sebesar 0,40 yang artinya Ha pada penelitian ini diterima (terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa) dan Ho pada penelitian ini ditolak (Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa).
References
Aditia, Arif Mari, ‘Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, Vol.14 No.1 (April,2017), Hlm 11-12.’, Jurnal Epigram, 14 (2017), 11–12.
Afifah, Silvi Nur, ‘Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTsN Malang 1, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, No. 2. Tahun 2017, Hlm 172’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (2017), Hlm 172.
Ahmad Waliddan Erik Perdana Putra danAsiyah. 2019. “Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Di Sertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan KemampuanBerpikir Logis dan Kemampuan Menafsirkan Siswaâ€. Indonesian J. Integr.Sci. Education / IJIS Edu, Vol 1 (1).
Andi, Membangun Sendiri Jaringan Komputer, Yogyakarta (Yogyakarta: MADCOMS, 2015).
Anggrian, Risva, ‘Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Keaktifan Dan Kerja Sama Siswa Dalam Pembelajaran IPS, Harmoni Sosial’, Jurnal Pendidikan IPS, 4 (2017), Hlm 213.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (jakarta: PT Renika Cipta, 2014).
Arisanti, Devi, and Mhd. Subhan, ‘Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim Di SMP Kota Pekanbaru’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3.2 (2018), 61–73.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (depok: PT. Raja Grafindo, 2017).
Asiyahdan Adrian Topanodan Ahmad Walid. 2020. “Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)â€. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5 No. 2.
Asiyah dan Adrian Topano dan Ahmad Walid. 2021. “Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkuluâ€. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 3.
Asiyah dan Adrioan Topano dan Ahmad Walid. 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tife NHT dan STAD pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kota Bengkuluâ€. Indonesian Journal of Social Sceince Education Vol. 2, No. 2, edisi. Edawarni Cicidan Mardiani Pane dan Asiyah. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswaâ€. JOEAI (Journal of Education and Instruction).
Asiyahdan Ahmad Walid dan Raden Gamal Tamrin Kusumah. 2019. “Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPAâ€. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 3, edisi September.
Astuti, Siwi Puji, ‘Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika’, Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika
Darmawan, Deni, Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)
Dewi, Suci zaki, Irfan Hilmanah, ‘Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (2018), 49
Djaali., Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012)
Dkk, Hamzah B. Uno, ‘Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 18 (2016), Hlm 173
Dkk, Wahidmurni, Evaluasi Pembelajaran (Yogjakarta, 2010)
Gustina, Hazari, ‘Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu.’, 2020, Hlm 41-42
Hamda, Nasmal, ‘Analisis Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Motivasi Belaja Mahasiswa Universitas Pamulang Tahun Ajaran 2019’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Dan Bisnis, 4 (2019), Hlm 44-52
Hilmi, Muhammad Zoher, ‘Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3 (2017), Hlm 165
K, Veornika Hevi, ‘Perilaku Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA (Studi Guru Sosiologi SMA Surakarta)â€â€™, Jurnal Sosialitas, 2 (2012), 5
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Mushaf Tafsir Perkata (jakarta: PT. Suara agung, 2018)
M. Ngalim Purwanto, MP, Psikologi Pendidikan (Bandung: Remadja Karya, 2017)
Martha, Yulisia S., ‘Pengaruh Media Internet Terhadap Minat Belajar Dan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019’, Jurnal Pendidikan Ekonomi4, 4.31 (2019)
McQuail, Denis., Teori Komunikasi Massa (Jakarta: Salemba Humanika, 2011)
Meldina, Tika, ‘Integrasi Pembelajaran IPS Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2020), 21
Mudasir, Pembelajaran Berbasis Multimedia (jakarta: Kreasi Edukasi, 2016)
Mustafidah, Tukiran Taniredja dan Hidayati, Penelitian Kuantitatif (Bandung: Alfabeta, 2011)
Nizwardi Jalinus, Ambiyar, Media & Sumber Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2016)
Nurul Mahmuda, Ghea Dwi Rahmadiane dan Yusri Anis Faedah, ‘Analisis Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Akuntansi (Studi Kasus: Politeknik Harapan Bersama)’, Jurnal MONEX, 8 (2019), Hlm 65
Raida eva flora slagian, ‘Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika’, Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika, 2, 122–31
Ricoida, Desi Pibrina dan Desy Iba, ‘Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus : Perguruan Tinggi Di Kota Palembang’, Jurnal Teknik Informatika Dan System Informasi, 3 (2017), Hlm 104-115
Rudy Gunawan, Pendidikan IPS ( Filosofi, Konsep, Dan Aplikasi) (Bandung: Alfabeta, 2013)
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, (jakarta: Kreasi Edukasi, 2013)
Sari, Septi Ratna, ‘Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Di MTD Sabilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur.’, 2020, Hlm 28-29
Setiyani, Rediana, ‘Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar’, 5 (2010), 3
Sirait, Erlando Doni, ‘Pengaruh Minat Belajar Terhdap Prestasi Belajar Matematika’, Jurnal Formatif, 37–38
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta., 2013)
Suci zakiah Dewi, Irfan Hilman, ‘Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (2018), 50–51
Sudijino, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, ed. by raja wali Pres (Jakarta, 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuanlitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2019)
Sugiyono,, Statistika Untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2015)
Susanto, Ahmad, Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar (jakarta: Prenada Media Group., 2013)
Susena, ‘Susena,2014. Dampak Penggunaan Internet Terhadap Kecerdasan Pelajar Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Daerah Pedesaan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Daerah Pedesaan. Surakarta 2 (2): Hlm 1-10’, 2 (2014), 1–10
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017)
Tafonao, Talizaro, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2018), 112
Wardhani, R.A.S.K, ‘Hubungan Pemanjatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas IX Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 Strata 1’, Hubungan Pemanjatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas IX Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013, 2013, 22
Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Widiarto, Toto, ‘Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran’, Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas x Di Sma Budhi Warman II, 1.2, 136–42
Yani, Erna, ‘Analisis Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VII SMA Negeri Se-Kota Bandar Lampung’, 2018, 22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)