Nilai Sosial Film KKN di Desa Penari dan Implementasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Authors

  • Farida Fitriani Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Wiwiek Zainar Sri Utami UNDIKMA, Indonesia
  • Ani Endriani UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6395

Keywords:

Implementasi Pembelajaran, karya sastra, Nilai sosial.

Abstract

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai sosial yang terkandung dalam film KKN di Desa Penari serta implementasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menonton adegan film, pengkodingan, pendeskripsian, interprestasi, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat dampak negatif dan positif. Dampak positif pada film KKN di Desa Penari ini ditemukan delapan nilai sosial diantaranya tolong-menolong, kekeluargaan, kepedulian, tanggung jawab, kedisiplinan, toleransi, nilai agama dan gotong-royong. Sedangkan dampak negatif sebagai pembelajaran di masa yang akan datang, bahwa tindakan atau tingkahlaku yang kurang baik, tidak untuk ditiru. Adapun implementasi pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMAN 1 Gerung diharapkan siswa mempunyai pengetahuan tentang nilai sosial dan menumbuhkan kreativitas serta minat siswa untuk belajar sastra, sehingga mampu mengembangkan kepekaan siswa terhadap nilai sosial.

References

Afro, A. S., & Anwari, M. R. (2021). Nilai-Nilai Moral Dalam Film Keluarga Cemara Dan Implementasinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Smp. … Conference Proceeding Library. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/19%0Ahttp://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/download/19/19

Apriadi, rizki. (2020). Nilai Sosial Dalam Film Gie Sutradara Riri Riza Dan Keterkaitan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas XI SMA. Jurnal Bahasa Indonesia, 1–8.

Ardila, H. (2017). Analisis Nilai Sosial dalam Film Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Damayanti, R. (2017). Modul Sastra Lama. http://bahasaindonesia.uwks.ac.id/myfiles/files/bahan ajar/Sastra Lama.pdf

Djumali. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran. Journal Al Ulum, 2, 111–116.

Fandani, M., Putri, A., Purbasari, I., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Nilai-nilai Sosial yang Terkandung dalam “Film Tanah Surga Katanya†Karya Danial Rifki. 10, 1182–1190.

Fauuziah, S. n, Purwaningrum, I. N., & Mulyadi. (2021). Nilai-nilai sosial dalam novel tokyo dan perayaan kesedihan karya ruth priscilia angelina. 829–837.

Fitriani, F., & Endriani, A. (2018). Nilai-Nilai Kehidupan dalam Novel Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990 dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. MABASAN, 12(2), 137–150. https://doi.org/10.26499/mab.v12i2.60

Hamidah, S. (2015). TOLERANSI PERGURUAN PENCAK SILAT (Pagar Nusa, Kera Sakti dan PSHT). 11–31. http://etheses.uin-malang.ac.id/

Haniah, S. (2015). Nilai-nilai Kedisiplinan dalam Novel Anak Sejuta Bintang. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri.

Imanto, T. (2007). Film Sebagai Proses Kreatif. Jurnal Komunikologi, 4(1), 22–34.

Kholidah, Z. (2013). Pendidikan Nilai-Nilai Sosial Bagi Anak dalam keluarga Muslim. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 3, 88–103. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/hjsk.v3i1.368

Mawarni, H., & Ubaidullah, N. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Sastra Lisan Lawas (Puisi Rakyat) Masyarakat Sumbawa Dan Potensinya Sebagai Materi Ajar Di Sekolah. Mabasan, 13(2), 231–246. https://doi.org/10.26499/mab.v13i2.265

Miladiyah, S. H. (2014). Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Tohari dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syaraif Hidayahtullah Jakarta.

Nugroho, Agung. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153

Nugroho, Ardi, Semarang, U. N., & Semarang, U. N. (2022). ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM CERITA PENDEK PILIHAN KOMPAS 2019 SERTA Abstrak. https://doi.org/10.23917/kls.v7i2.15057

Puspitasari, D. R. (2021). Nilai Sosial Budaya dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce) Social-Cultural Values In Tilik Film (Semiotic Study Of Charles Sanders Peirce). Jurnal SEMIOTIKA, 15(1), 2579–8146. http://journal.ubm.ac.id/

Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. (2016). Nilai Gotong Royong Untuk Memperkuat Solidaritas Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga. Sosietas, 6(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i1.2871

Rudi, R., & Noviatussa’diyah, N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Puasa Ramadan Dalam Komik Webtoon Nostalgia Ramadhan Si Juki Kecil Karya Faza Meonk. Mabasan, 14(2), 221–238. https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.392

Sari, Novita Linda., Emi Agustina., B. L. (2019). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 88–100.

Sauri, S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 6(2), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/2687/2709

Shihab. (2016). Yang Hilang dari Kita. Lentera Hati.

Utomo, R. O., Hasanah, M., & Maryaeni, M. (2020). Telaah Nilai Toleransi Sosial Dalam Novel Karya Ahmad Tohari. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 792. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13620

Yara, N. Y., Suwandi, S., & Sumarwati, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dalam Novel Maria Zaitun Karya Joko Santoso. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 25. https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.1172

Zubaedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Pustaka Pelajar.

Additional Files

Published

2023-01-20

How to Cite

Fitriani, F., Utami, W. Z. S., & Endriani, A. (2023). Nilai Sosial Film KKN di Desa Penari dan Implementasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 122–135. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6395

Issue

Section

Articles

Citation Check