Eksplorasi Konsep Matematika Pada Kue Abuq Khas Suku Sasak Lombok

Authors

  • Madiinatul Asroor Apriliani Pendidikan Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Andini Andini Pendidikan Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Zanuarlin Tri Rahayu Ilham
  • Mia Aprilianti Pendidikan Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Nilza Humaira Salsabila Pendidikan Matematika, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.14140

Keywords:

Ethnomathematics, Abuq Cake, Sasak Culture, Measurement, Geometric Shapes

Abstract

Etnomatematika mempelajari hubungan antara matematika dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan konsep matematika dalam pembuatan kue abuq yang merupakan ciri khas Suku Sasak di Lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta pengujian reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kue abuq tidak hanya memiliki beragam bentuk dan variasi, tetapi juga mengandung makna budaya yang signifikan. Selain menerapkan konsep pengukuran, kue abuq juga mencerminkan konsep geometri, baik dalam bentuk datar maupun bentuk ruang

Author Biography

Madiinatul Asroor Apriliani, Pendidikan Matematika, Universitas Mataram

Mahasiswa Universitas Mataram, prodi pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. 

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-30

How to Cite

Apriliani, M. A., Andini, A., Ilham, Z. T. R., Aprilianti, M., & Salsabila, N. H. (2025). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Kue Abuq Khas Suku Sasak Lombok. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 464–478. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.14140

Issue

Section

Articles

Citation Check