Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310Keywords:
Artificial Intelligence, Pembelajaran Matematika, Tantangan, PeluangAbstract
Perkembangan AI (Artificial Intelligence) telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran matematika. Keberadaan AI menghadirkan tantangan dan peluang yang harus diperhatikan, sehingga sistem pendidikan perlu beradaptasi untuk memaksimalkan manfaat AI sekaligus mengatasi tantangan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan AI dalam pembelajaran matematika dengan melihat dari sisi tantangan dan peluang yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Lokasi database yang digunakan untuk proses pencarian hasil-hasil penelitian yang relevan adalah Harzing’s Publish and Perish Software dan secara spesifik pencarian dilakukan dengan sumber Google Scholar dan Scopus. Kata kunci yang digunakan untuk pencarian hasil penelitian yang relevan adalah artificial intelligence in mathematics learning dan artificial intelligence dalam pembelajaran matematika. Terdapat 30 hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian dari 30 artikel tersebut menunjukkan bahwa AI yang telah digunakan dalam pembelajaran matematika adalah Photomath, ChatGPT, dan Socratic. Penggunaan AI dalam pembelajaran matematika memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kemandirian belajar siswa, dan mampu membantu dalam pemecahan masalah, memperkuat pemahaman konsep, serta mendukung kreativitas dan berpikir kritis. Namun, tantangan seperti ketergantungan siswa terhadap AI, penurunan literasi matematika, serta kesiapan infrastruktur dan pengguna masih menjadi hambatan yang perlu diatasi.Tantangan dan peluang ini perlu diperhatikan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang  lebih optimal.
Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Yunita, F., & Gunawan, G. (2025). Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 300–315. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â