Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310

Keywords:

Artificial Intelligence, Pembelajaran Matematika, Tantangan, Peluang

Abstract

Perkembangan AI (Artificial Intelligence) telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran matematika. Keberadaan AI menghadirkan tantangan dan peluang yang harus diperhatikan, sehingga sistem pendidikan perlu beradaptasi untuk memaksimalkan manfaat AI sekaligus mengatasi tantangan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan AI dalam pembelajaran matematika dengan melihat dari sisi tantangan dan peluang yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Lokasi database yang digunakan untuk proses pencarian hasil-hasil penelitian yang relevan adalah Harzing’s Publish and Perish Software dan secara spesifik pencarian dilakukan dengan sumber Google Scholar dan Scopus. Kata kunci yang digunakan untuk pencarian hasil penelitian yang relevan adalah artificial intelligence in mathematics learning dan artificial intelligence dalam pembelajaran matematika. Terdapat 30 hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian dari 30 artikel tersebut menunjukkan bahwa AI yang telah digunakan dalam pembelajaran matematika adalah Photomath, ChatGPT, dan Socratic. Penggunaan AI dalam pembelajaran matematika memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kemandirian belajar siswa, dan mampu membantu dalam pemecahan masalah, memperkuat pemahaman konsep, serta mendukung kreativitas dan berpikir kritis. Namun, tantangan seperti ketergantungan siswa terhadap AI, penurunan literasi matematika, serta kesiapan infrastruktur dan pengguna masih menjadi hambatan yang perlu diatasi.Tantangan dan peluang ini perlu diperhatikan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang  lebih optimal.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yunita, F., & Gunawan, G. (2025). Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 300–315. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310

Issue

Section

Articles

Citation Check