Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Konteks Makanan Tradisional Musi Banyuasin terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Tria Desvitasari Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15491

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, konteks makanan tradisional, polya.

Abstract

Pemecahan masalah adalah upaya menemukan penyelesaian terhadap kesulitan yang tidak langsung bisa di dapatkan atau cara berpikir dengan langkah-langkah berurutan. Hasil raport pendidikan SMPN 4 Lalan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan berbagai jenis konteks yang relevan berada pada predikat sedang, yaitu persentase 64,44%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan konteks makanan tradisional Musi Banyuasin terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah desain pra-experimental dengan menggunakan model desain satu kelompok pretest/posttest. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan pretest/postest. Data yang didapatkan dikumpulkan dan di analisis secara deskriptif dan uji N-Gain untuk melihat efektivitas pembelajaran berbasis pemecahan masalah menggunakan konteks makanan tradisional Muba “Kecepan Tungkusâ€. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil observasi menunjukkan secara keseluruhan nilai aktivitas siswa berada pada kriteria minimal baik, yaitu dengan persentase aktivitas siwa di atas 70%. Sedangkan hasil mean pretest/posttest siswa mengalami peningkatan sebesar 54 dengan mean N-Gain sebesar 0,58 dan termasuk kategori sedang. Maka kesimpulannya bahwa pembelajaran berbasis pemecahan masalah menggunakan konteks makanan tradisional Muba “Kecepan Tungkus†cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata keefektifan mencapai 58 %.

Author Biographies

Tria Desvitasari, Universitas Sriwijaya

Magister Pendidikan Matematika

Cecil Hiltrimartin, Universitas Sriwijaya

Magister Pendidikan Matematika

Somakim Somakim, Universitas Sriwijaya

Magister Pendidikan Matematika

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-30

How to Cite

Desvitasari, T., Hiltrimartin, C., & Somakim, S. (2025). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Konteks Makanan Tradisional Musi Banyuasin terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 24–38. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15491

Issue

Section

Articles

Citation Check