Pengembangan Microlearning berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15538Keywords:
Microlearning, project based learning, berpikir kreatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan microlearning berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Matematika. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa meningkat apabila telah memenuhi indicator berpikir kreatif yaitu Fluency, Flexibility, Originality. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian kualitatif dan kuantitaf dengan metode yaitu pengembangan dengan model ADDIE yaitu meliputi Analysis, Design, Development, Implementasi, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa Pendidikan matematika kelas 2022 A Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Instrumen penelitian yaitu tes berpikir kreatif, tugas project, video pembelajaran yang tersaji dalam microlearning dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa : a). Dikembangkannya Microlearning untuk mahasiswa Pendidikan matematika Universitas PGRI Kanjuruan Malang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. b) Uji kelompok besar menunjukkan 1). Hasil Penilaian Kelayakan Produk menunjukkan diperoleh skor angket respon mahasiswa sebesar 80% pada interval 3,25 < 𑌠≤ 4,00 dan 20% pada interval 2,50 < 𑌠≤ 3,25 dalam uji coba lapangan lebih luas (kelompok besar) yang menunjukkan bahwa microlearning  ini  memperoleh  kriteria  “sangat  layakâ€Â  digunakan  dalam pembelajaran. 2).  Hasil Penilaian keefektifan menunjukkan nilai ketuntasan peserta didik adalah sebesar 85%. Presentase tersebut terletak pada skala kriteria 80% < 𑌠≤ 100% yang menunjukkan bahwa microlearning yang dikembangkan memperoleh kriteria “sangat efektif†untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif didapatkan hasil: 1) 8 mahasiswa memenuhi ketiga aspek Fluency, Flexibility, Originality, 2). 3 mahasiswa memenuhi aspek Fluency dan Flexibility, 3). 3 mahasiswa memenuhi aspek Flexibility, Originality, 4). 3 mahasiswa memenuhi aspek Fluency, Originality, 5) 2 mahasiswa memenuhi aspek Flexibility, dan 6). 1 mahasiswa memenuhi aspek Fluency. Keterbatasan penelitian ini hanya diterapkan pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika, untuk itu saran bagi peneliti lanjutan adalah perlunya dikembangkan penelitian menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi untuk pembelajaran matematika yang lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â