Analisis Transformasi Geometri dalam Motif Anyaman Daun Lontar Masyarakat Amanuban: Kajian Etnomatematika

Authors

  • Prida N. L. Taneo Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Turmudi Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Elah Nurlaelah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15571

Keywords:

Anyaman, Etnomatematika, Masyarakat Amanuban, Motif, Transformasi Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan konsep transformasi geometri dalam motif anyaman daun lontar masyarakat Amanuban melalui pendekatan etnomatematika. Fokus utama kajian ini adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk transformasi seperti translasi, rotasi, refleksi, dan dilatasi yang terdapat pada motif hiasan anyaman tradisional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan utama terdiri dari para pengrajin berpengalaman yang memahami makna budaya di balik motif yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi geometri secara sadar atau tidak telah diterapkan dalam berbagai pola anyaman sebagai bagian dari ekspresi budaya dan estetika. Temuan ini mempertegas bahwa praktik budaya lokal dapat menjadi sumber pembelajaran matematika kontekstual yang bermakna, serta memperkaya pemahaman tentang hubungan antara budaya dan konsep matematis.

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-30

How to Cite

Taneo, P. N. L., Turmudi, T., Nurlaelah, E., & Fatimah, S. (2025). Analisis Transformasi Geometri dalam Motif Anyaman Daun Lontar Masyarakat Amanuban: Kajian Etnomatematika. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 413–428. https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15571

Issue

Section

Articles

Citation Check