Pengaruh LKPD Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Matematika Siswa Melalui Arsitektur Vernakular Rumah Kaki Seribu
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15629Keywords:
LKPD, Eksplorasi, Etnomatematika, Arsitektur Vernakular, Rumah Kaki SeribuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui eksplorasi arsitektur vernakular Rumah Kaki Seribu. LKPD dikembangkan dengan mengintegrasikan unsur budaya lokal dalam konteks pembelajaran geometri. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Manokwari yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan mencakup lembar tes hasil belajar (pretest dan posttest), angket respon siswa, serta maket Rumah Kaki Seribu sebagai media pendukung eksplorasi. Analisis data dilakukan menggunakan skor N-gain untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep, serta uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat signifikansi perbedaan hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai signifikansi uji Wilcoxon sebesar 0,000 (p < 0,05). Selain itu, 80% siswa menyatakan LKPD sangat efektif dan 20% menyatakan efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis etnomatematika tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, tetapi juga mampu menarik minat siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal. LKPD ini berpotensi menjadi inovasi pembelajaran yang mendukung pelestarian budaya serta peningkatan kualitas pendidikan matematika di daerah
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â